Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Mencuci Pakaian Putih Bersama Kain Berwarna?

Kompas.com - 29/03/2024, 15:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak dari kita mencuci pakaian sekaligus atau berbarengan. Hal ini dilakukan agar menghemat waktu dan cepat selesai.  

Padahal, mencuci pakaian perlu dilakukan secara terpisah demi menghindari risiko  terkena lunturan warna dari pakaian atau kain lain. 

Baca juga: 5 Bahan yang Efektif Menghilangkan Noda Kuning pada Pakaian Putih

Misalnya, pakaian putih harus dicuci terpisah dari pakaian berwarna. Meski demikian, tak dipungkiri, banyak orang yang mencuci pakaian putih bersama kain berwarna. 

Menurut Mary Gagliardi, ilmuwan internal Clorox dan ahli kebersihan alias Dr Laudry, mengatakan ada beberapa aturan yang harus dipatuhi saat mencuci pakaian putih dan berwarna. 

Pertama, jika pakaian berwarna-warni dapat bertahan dengan air panas, tidak boleh mencucinya bersama pakaian putih.

Menurut Gagliardi, pakaian putih membutuhkan suhu pencucian setidaknya hangat, jika tidak panas, untuk membuatnya sebersih mungkin.

Jadi, jika seprai berwarna Anda tidak tahan terhadap panas, jangan masukkan ke mesin cuci. 

"Jadi, jangan menambahkan satu pakaian putih ke dalam cucian berwarna gelap karena terlalu banyak potensi perpindahan warna sehingga hal ini tidak ada gunanya," ucap Gagliardi. 

Tips lain yang perlu diingat adalah pakaian putih tidak boleh dicuci dengan pakaian baru yang mengandung warna tanpa terlebih dahulu memeriksa ketahanan lunturnya.

"Bahkan pakaian berwarna gelap yang sudah lama Anda miliki, mungkin masih bisa kehilangan pewarna setiap kali dicuci," Gagliardi memperingatkan.

Pada umumnya, bukan ide baik mencampur pakaian berwarna gelap (biru tua, hitam, coklat tua) dengan warna-warna lain yang lebih terang selain putih.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (29/3/2024), berikut aturan mencuci pakaian putih bersama kain berwarna agar tidak terkena lunturan warna. 

Baca juga: Ketahui, Ini Suhu Air Terbaik Mencuci Pakaian Putih di Mesin Cuci

Cara menyortir warna cucian

Ilustrasi menghilangkan noda detergenSHUTTERSTOCK/DUANGJAN J Ilustrasi menghilangkan noda detergen
Gagliardi merekomendasikanmenyortir semua cucian dengan penyortir cucian ke dalam tiga kategori, yakni warna putih yang aman untuk pemutih, campuran warna terang, dan warna gelap.

"Menyortir ke dalam kelompok-kelompok ini memudahkan  memilih suhu pencucian hangat atau panas, menambahkan produk (cucian) yang sesuai, dan menghindari perpindahan pewarna," katanya.

Anda mungkin tidak tahu bahwa ada pengecualian dalam pengelompokan dasar ini. Pertama, spandeks tidak boleh diputihkan, tetapi bukan berarti item spandeks putih harus dimasukkan ke beban warna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com