Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Pakaian Putih Terkena Luntur Pakai Pemutih

Kompas.com - 15/07/2023, 17:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan pemutih seringkali merupakan metode tercepat dan termudah untuk membuat pakaian terlihat baru kembali. Selain itu, pemutih disebut dapat mengatasi pakaian putih yang kelunturan.

Namun demikian, bagaimana cara menggunakan pemutih untuk mencuci pakaian putih yang terkena luntur? Dikutip dari Hunker, Sabtu (15/7/2023), berikut penjelasannya.

Kapan harus menggunakan pemutih?

Pertama, periksa label pakaian Anda. Jika itu menunjukkan bahwa Anda tidak boleh menggunakan pemutih, maka perhatikanlah.

Baca juga: Pemutih Bisa Kedaluwarsa, Ini Tanda-tandanya

Ilustrasi pemutih.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi pemutih.

Peringatan ini berarti warna atau kain pakaian akan rusak secara permanen oleh pemutih. Selanjutnya, jalankan pengujian untuk memastikan pakaian tidak luntur oleh pemutih.

Mulailah dengan menyiram 2 sendok teh pemutih dengan seperempat cangkir air. Kemudian, oleskan larutan tersebut pada bagian pakaian yang tersembunyi, seperti jahitan atau bagian dalam manset.

Tunggu sebentar sebelum mengeringkannya. Jika kain tidak berubah warna, maka aman menggunakan pemutih pada barang tersebut.

Ingatlah bahwa proses pengujian ini sangat penting saat menggunakan pemutih untuk pakaian berwarna karena dapat dengan mudah berubah warna dan menjadi rusak selama proses pemutihan.

Baca juga: 4 Cara Mencerahkan Seprai Putih yang Kusam Tanpa Pemutih

Cara mencuci pakaian luntur dengan pemutih di wadah

Pertama, gunakan wadah, ember, atau wastafel yang aman untuk memutihkan untuk mengencerkan pemutih ke dalam air. Saat mengencerkan pemutih, ikuti instruksi pada kemasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com