Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memutihkan Kain dan Pakaian Putih yang Menguning

Kompas.com - 25/09/2023, 08:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, pakaian dan linen putih akan berubah menjadi menguning. Jadi, ini bukan hal aneh atau kesalahan yang Anda lakuka meski sudah sangat berhati-hati saat mencuci pakaian putih

Nanun, tak perlu khawatir, warna kuning pada pakaian dan kain putih dapat dihilangkan dengan mudah. Sebagian besar kain putih yang menguning dapat diputihkan menggunakan produk cucian maupun cara alami. 

Baca juga: 8 Cara Membuat Pakaian Harum Setelah Dicuci

Faktor lingkungan, seperti nikotin dari asap rokok atau sisa masakan berminyak, dapat menyebabkan kain dan pakaian putih menguning

Ketiak yang menguning pada kemeja terjadi karena reaksi antara antiperspirant Anda dan garam dal tubuh. Pakaian yang disimpan dengan tidak benar dapat bereaksi dengan asam di dalam kotak kardus atau rak kayu dan menguning.  

Untuk mengatasinya, berikut cara memutihkan kain dan pakaian putih yang menguning dikutip dari The Spruce, Senin (25/9/2023). 

Baca juga: 8 Manfaat Menggunakan Cuka untuk Mencuci Pakaian, Wajib Coba!

Pemutih oksigen

Ilustrasi pemutih.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi pemutih.
Metode paling lembut memutihkan pakaian putih yang menguning adalah mencampurkan larutan air hangat dan bubuk pemutih berbahan dasar oksigen. Ikuti rekomendasi kemasan mengenai berapa banyak bubuk yang harus digunakan per liter air.

1. Campurkan pemutih oksigen dan larutan air secukupnya untuk menutupi pakaian.

2. Rendam pakaian putih dan biarkan selama delapan jam atau semalaman.  

3. Cuci pakaian menggunakan detergen yang baik dan air terpanas yang direkomendasikan untuk kain.

4. Setelah itu, tambahkan 118 mililiter cuka putih suling ke dalam air bilasan untuk membantu menghilangkan residu detergen.

5.Jika melihat peningkatan, tetapi kain masih belum seputih yang Anda inginkan, ulangi prosesnya dengan campuran pemutih oksigen yang baru.

Proses ini aman digunakan pada pakaian poliester, kain sintetis, dan serat alami seperti katun dan linen, serta kain cetak. Jangan gunakan pemutih oksigen pada sutra, wol, atau kulit, termasuk hiasan atau hiasan apa pun yang terbuat dari bahan-bahan tersebut. 

Baca juga: Lemari Pakaian Berantakan Berdampak Buruk pada Karier dan Kesehatan?

Pemutih klorin

Selanjutnya, cara memutihkan kain dan pakaian putih yang menguning adalah menggunakan pemutih klorin. 

Pemutih klorin sangat bagus untuk membersihkan dan mendisinfeksi pakaian, tetapi dapat menyebabkan penguningan jika digunakan secara berlebihan atau pada serat sintetis putih seperti nilon, serat mikro, atau poliester.

Pemutih akan melemahkan serat dan mengembalikan polimer sintetis ke warna aslinya, yaitu kuning. Penggunaan pemutih klorin yang berlebihan juga dapat menyebabkan serat alami berwarna putih, seperti katun dan linen, menjadi kuning.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com