Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2023, 21:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT HM Sampoerna Tbk menginisiasi langkah pelestarian lingkungan bersama dengan warga Desa Puseurjaya dan Desa Sukaluyu di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, khususnya membuat sumur biopori.

Inisiasi ini ditandai dengan penyerahan sebanyak 40 unit alat untuk membuat sumur biopori kepada warga Desa Puseurjaya dan Sukaluyu di Karawang, Jawa Barat, Kamis (21/9/2023).

"Kami berharap melalui bantuan ini, segenap warga Desa Puseurjaya dapat merasakan manfaat dari sumur biopori dan pengetahuan baru untuk diterapkan dalam keseharian," ujar Ishak Danuningrat, Kepala Urusan Eksternal Sampoerna dalam siaran pers, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga: Lestarikan Lingkungan, 40 Sumur Biopori Dipasang di Karawang

Ilustrasi biopori, lubang biopori, sumur biopori. SHUTTERSTOCK/RANI RESTU IRIANTI Ilustrasi biopori, lubang biopori, sumur biopori.

Pembangunan sumur biopori ini sejalan dengan komitmen Sampoerna dalam melestarikan lingkungan, termasuk inisiatif konservasi air di fasilitas produksi serta pengelolaan air berkelanjutan melalui kerja sama dengan para pemangku kepentingan.

Sumur biopori adalah lubang silindris vertikal berukuran 30 cm berbahan pipa PVC dengan lubang di pinggirnya. Perangkat ini berfungsi meningkatkan luasan serapan air dan sebagai tempat pengolahan sampah organik.

Pemasangan sumur biopori bisa memitigasi dua masalah lingkungan sekaligus, banjir dan kekeringan sebagai akibat kurangnya resapan air serta akumulasi sampah organik yang bisa mencemari perairan sekitar.

Kepala Desa Puseurjaya Dadih Sastrawijaya mengatakan, kolaborasi pemasangan sumur biopori ini penting. Sebab, saat ini banyak air yang mudah terbuang kala musim hujan tak terserap ke tanah.

Baca juga: Agar Sisa Makanan Tak Terbuang Percuma, Bikin Kompos dengan Biopori

"Sekarang banyak rumah yang dicor. Jadi air langsung terbuang. Mudah-mudahan dengan adanya sumur biopori ini, air bisa lebih tertampung," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com