Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mengecat Dinding

Kompas.com - 15/02/2022, 14:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua proyek mengecat rumah, baik itu besar maupun kecil, membutuhkan persiapan cermat dan perhatian terhadap detail.

Sebab, asal-asal bisa membuat hasil cat menjadi buruk, tidak tahan lama, dan membuat pekerjaan menjadi sia-sia.

Demi menghindari hal tersebut, berikut ini enam hal yang tidak boleh dilakukan saat mengecat dinding rumah dikutip dari Family Handyman, Selasa (15/2/2022). 

Baca juga: Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengecat Dinding Rumah 

Mencoba menutupi dengan satu lapis cat tebal 

Ilustrasi mengecat dinding.SHUTTERSTOCK/BOGDANHODA Ilustrasi mengecat dinding.
Merupakan ide buruk mengaplikasikan lapisan cat tebal untuk menghemat waktu pengerjaan. Sebagai permulaan, lapisi dinding dengan satu lapis cat secara tipis terlebih dulu meski tidak menutup dinding dengan baik.

Lapisan cat yang tebal akan mengalir dan membutuhkan waktu lama untuk mengering. Menerapkan dua lapisan cat secara tipis dan merata lebih jauh lebih mudah serta memberikan hasil yang jauh lebih baik. 

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Mengecat Rumah

Tidak mengamplas dinding

Untuk hasil akhir yang bebas gumpalan, sebaiknya mengampelas dinding terlebih dulu sebelum mengecat. Pengamplasan bertujuan menghilangkan gundukan, serat rol, dan kotoran lain yang tersisa dari pekerjaan cat sebelumnya. 

Cara terbaik adalah menggunakan tiang pengamplasan drywall dan kertas pengamplasan drywall 80 atau 100 grit. 

Baca juga: 7 Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Mengecat Rumah

Melukis di atas cat yang kering sebagian 

Ilustrasi mengecat dinding. SHUTTERSTOCK/TOPSELLER Ilustrasi mengecat dinding.
Mengecat di atas cat yang tidak sepenuhnya kering adalah kesalahan yang sering dilakukan saat mengecat ruangan. Hal ini akan melonggarkan cat yang sebagian kering, cat mulai terlepas ke kuas atau rol, serta menciptakan kekacauan nyata.

Bahkan, jika ini tidak terjadi, mengecat di atas cat yang tidak kering dapat menyebabkan masalah daya rekat atau memperlambat waktu pengeringan. Ikuti petunjuk waktu pengeringan pada kaleng cat. 

Baca juga: Tips Memilih Warna Cat untuk Setiap Ruangan di Rumah Menurut Feng Shui

Mengambil cat dari kaleng

Sangat menggoda memang untuk mengecat dinding langsung dari kaleng karena lebih sedikit yang harus dibersihkan. Namun, ini sebenarnya hal yang harus dihindari.

Satu kaleng cat ini memiliki bobot cukup berat. Jika tak sengaja menumpahkannya, Anda akan memiliki pekerjaan pembersihan yang besar serta sulit memasukkan kuas dengan benar ke kaleng cat. 

Sebaiknya, pindahkan sedikit cat ke wadah lain dan cat dari wadah tersebut serta saring cat untuk menghilangkan gumpalan dan kotoran. 

Baca juga: 5 Cat Kamar Mandi yang Penuh Warna untuk Tampilan yang Menyegarkan

Tidak menutupi papan dasar

Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.Unsplash/Theme Photos Cat tembok meninggalkan aroma kuat, untuk menetralkannya gunakan saja bahan-bahan alami.
Ketika mengecat dinding rumah, perlu menutupi papan dasar bawah dinding menggunakan selotip atau kertas demi menghindari cipratan cat di mana-mana.

Selain itu, tutupi juga dinding lain di sebelah yang belum dicat untuk mencegah cipratan cat dan membuat pekerjaan membersihkan dinding bertambah. 

Baca juga: Pilihan Cat Terbaik untuk Ruang Tamu agar Tampak Bersih dan Menarik

 

 

Tidak mencampur cat secara menyeluruh

Sebelum mengaplikasikan cat ke permukaan dinding, pastikan telah mencampur atau mengaduk cat secara menyeluruh dengan baik.

Pasalnya, cat yang tidak tercampur baik dapat menghasilkan warna yang sedikit berbeda saat cat mengering. 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com