Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Tepat Mengecat Kamar Mandi agar Memberikan Hasil Sempurna

Kompas.com - 11/05/2022, 20:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat adalah cara murah menyegarkan atau memberikan tampilan baru pada ruangan, termasuk kamar mandi

Kamar mandi yang murung atau gelap dapat berubah menjadi terang serta menyenangkan hanya dengan mengecat ulang ruangan. 

Baca juga: 6 Ide Desain Kamar Mandi Sempit yang Estetik tapi Fungsional

Namun, mengecat kamar mandi bisa lebih sulit daripada ruangan lainnya di rumah karena ukurannya yang lebih kecil.

Di tambah, ada beberapa barang yang tidak bisa dipindahkan seperti wastafel, cermin, kloset, bathtub atau bak mandi, juga showerNamun, sebelum mengecat kamar mandi, pastikan memilih cat yang tepat dan hasil akhir yang bagus. 

“Kami menyarankan hasil akhir satin atau semi-gloss karena cenderung tidak menjebak jamur dan lebih mudah dibersihkan daripada lapisan datar atau eggshell,” kata pakar cat dari Consumer Reports, Rico de Paz, dilansir dari Consumer Reports, Rabu (11/5/2022). 

Baca juga: 5 Tips Pencahayaan Kamar Mandi untuk Efek Seperti Spa

Untuk membuat pekerjaan mengecat kamar mandi, disarankan melewati penggunaan primer. Dalam pengujian yang dilakukan Consumer Reports ditemukan bahwa satu lapis cat self-priming sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan.

Nah, berikut ini cara tepat mengecat kamar mandi untuk memberikan hasil terbaik.

Bermain dengan warna

Ilustrasi kamar mandi minimalis sempit.UNSPLASH/HEMANT KANOJIYA Ilustrasi kamar mandi minimalis sempit.
Untuk kamar mandi di sebelah kamar tidur, pertimbangkan warna yang cocok dengan warna cat kamar tidur. Misalnya, warna yang lebih terang atau lebih gelap. Jika putih adalah warna pilihan Anda, pastikan memilih cat putih yang tepat. 

Baca juga: Tips Merenovasi Kamar Mandi yang Dapat Meningkatkan Nilai Rumah

Pilih hasil akhir yang tepat

Cat dengan hasil akhir satin lebih tahan lama dan berkilau daripada eggshell. Karena itu, cat satin sangat ideal untuk kamar mandi dan mudah dibersihkan.

Gunakan cat ini untuk dinding, plafon, bahkan trim karena banyak lapisan satin yang lebih tahan lama dari sebelumnya.

Selain itu, Anda bisa memilih cat dengan hasil akhir semi-gloss. Cat ini jauh lebih tahan lama dan mudah dibersihkan. Ini dapat digunakan pada dinding, plafon, trim, dan meja rias jika tidak keberatan dengan tampilan yang lebih berkilau.

Namun, harus diperhatikan bahwa cat dengan hasil akhir satin dan semi-gloss dapat menunjukkan ketidaksempurnaan yang ada pada dinding. Jadi, pastikan mempersiapkan dinding semulus mungkin sebelum mulai mengecatnya. 

Baca juga: Tanaman Hias Terbaik untuk Menyegarkan Kamar Mandi 

Bersihkan dinding terlebih dahulu

Ilustrasi kamar mandi.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi.
Cat baru membutuhkan permukaan dinding yang bersih dan kering untuk bisa menempel dengan sempurna. Jamur yang ada pada dinding dapat mencegah cat baru menempel dengan sempurna, bahkan dapat merembes melalui lapisan baru.

Hilangkan jamur dengan spons yang dicelupkan ke dalam larutan satu bagian pemutih dan tiga bagian air. Ruangan harus berventilasi baik saat Anda membersihkan, jadi buka jendela atau nyalakan exhaust fan.

Karena itu, bersihkan permukaan dinding dengan air bersih dan biarkan mengering sebelum mengecat. 

Baca juga: 7 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Lindungi apa yang tidak ingin dicat

Dengan semua sudut dan celahnya, mengecat kamar mandi kecil bisa menjadi tantangan. Bila tidak ingin mengecat beberapa permukaan di kamar mandi, Anda bisa menggunakan selotip untuk menutupi area tersebut. 

Tunggu sampai cat mengering 

Setelah selesai mengoleskan cat, biarkan mengering semalaman sebelum menggunakan kamar mandi kembali. Hal ini untuk menghindari air yang terciprat ke permukaan yang baru dicat karena bisa menyebabkan cat melunak dan luntur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com