Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Kompas.com - 01/05/2022, 14:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dan rak di kamar mandi dapat menyediakan penyimpanan tambahan untuk perlengkapan mandi seperti handuk dan perawatn tubuh, terutama bagi mereka yang memiliki ruang kecil.

Namun, ada banyak barang yang biasa diletakkan di kamar mandi sebenarnya tidak boleh disimpan di sana atau harus disimpan di lingkungan yang sejuk dan kering. 

Baca juga: 3 Tips Membuat Kamar Mandi Terasa Lebih Hidup

Hal ini mengingat karena kamar mandi merupakan area yang sering mengalami fluktuasi suhu dan kelembapan drastis. Menyimpan barang-barang ini di kamar mandi dapat merusaknya, bahkan menimbulkan risiko kesehatan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, dilansir dari Bobvila, Minggu (5/1/2022), berikut tujuh benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Pencahayaan Kamar Mandi yang Menenangkan 

Handuk

Ilustrasi handuk mandi Ilustrasi handuk mandi
Banyak kamar mandi memiliki lemari linen untuk menyimpan handuk mandi, tetapi lingkungan yang lembap bukan tempat ideal untuk handuk.

Meletakkan lemari linen di lorong adalah tempat terbaik untuk menyimpan handuk karena tidak akan terkena tingkat kelembapan tinggi, yang dapat menyebabkan jamur berkembang dan menghasilkan bau apek. Aturan ini juga berlaku untuk jubah mandi dan kain lainnya. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Pencahayaan Kamar Mandi yang Menenangkan

Sikat gigi 

Selanjutnya, benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi adalah sikat gigi. Meski biasa menyikat gigi di kamar mandi, menyimpan tempat sikat gigi di meja kamar mandi dapat mengubahnya menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Setiap kali menyiram toilet, bakteri dilepaskan ke udaradan kondisi lembap di kamar mandi menyebabkan bakteri ini berkembang biak dengan cepat. Jika tidak bisa menyimpan sikat gigi di lemari obat, sebaiknya simpan di luar kamar mandi. 

Baca juga: 8 Cara Membasmi Cacing dari Saluran Air Kamar Mandi dan Dapur

Pisau cukur 

Bercukur adalah cara menghilangkan kumis wanita yang paling sederhana, mudah, dan murah.PIXABAY/KROPEKK_PL Bercukur adalah cara menghilangkan kumis wanita yang paling sederhana, mudah, dan murah.
Pisau atau silet cukur umumnya terbuat dari baja tahan karat yang dirancang untuk menahan karat dan korosi, tetapi masih dapat terpengaruh secara negatif oleh lingkungan dengan kelembapan tinggi.

Karena itu, sebaiknya menyimpan pisau cukur di tempat kering di luar kamar mandi.

Baca juga: 5 Tips Memilih Material Lantai yang Tepat untuk Kamar Mandi

Obat 

Sementara banyak dari rumah menyimpan obat di kamar mandi—ini disebut lemari obat. Namun, ini bukan lingkungan ideal untuk menyimpan obat. 

Sebagian besar obat menyarankan untuk menyimpannya di tempat sejuk dan kering. Seperti diketahui, kamar mandi merupakan tempat paling lembap di rumah.

Sebaiknya, menyimpan obat di kamar tidur serta jauh dari jangkauan anak-anak. Rekomendasi yang sama berlaku untuk vitamin

Baca juga: Warna Cat Dinding Terbaik untuk Kamar Mandi Kecil agar Tampak Luas

Tampon

Menyimpan tampon atau pembalut dan produk saniter lainnya di kamar mandi memang nyaman, tapi sebenarnya bukan tempat yang bagus. Tampon menjadi benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi. 

Sebagian besar produsen tampon merekomendasikan menyimpannya di tempat sejuk dan kering karena lingkungan lembap dapat menyebabkan bakteri dan jamur berkembang biak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com