Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi

Namun, ada banyak barang yang biasa diletakkan di kamar mandi sebenarnya tidak boleh disimpan di sana atau harus disimpan di lingkungan yang sejuk dan kering. 

Hal ini mengingat karena kamar mandi merupakan area yang sering mengalami fluktuasi suhu dan kelembapan drastis. Menyimpan barang-barang ini di kamar mandi dapat merusaknya, bahkan menimbulkan risiko kesehatan.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, dilansir dari Bobvila, Minggu (5/1/2022), berikut tujuh benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi. 

Meletakkan lemari linen di lorong adalah tempat terbaik untuk menyimpan handuk karena tidak akan terkena tingkat kelembapan tinggi, yang dapat menyebabkan jamur berkembang dan menghasilkan bau apek. Aturan ini juga berlaku untuk jubah mandi dan kain lainnya. 

Sikat gigi 

Selanjutnya, benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi adalah sikat gigi. Meski biasa menyikat gigi di kamar mandi, menyimpan tempat sikat gigi di meja kamar mandi dapat mengubahnya menjadi tempat berkembang biak bakteri.

Setiap kali menyiram toilet, bakteri dilepaskan ke udaradan kondisi lembap di kamar mandi menyebabkan bakteri ini berkembang biak dengan cepat. Jika tidak bisa menyimpan sikat gigi di lemari obat, sebaiknya simpan di luar kamar mandi. 

Karena itu, sebaiknya menyimpan pisau cukur di tempat kering di luar kamar mandi.

Obat 

Sementara banyak dari rumah menyimpan obat di kamar mandi—ini disebut lemari obat. Namun, ini bukan lingkungan ideal untuk menyimpan obat. 

Sebagian besar obat menyarankan untuk menyimpannya di tempat sejuk dan kering. Seperti diketahui, kamar mandi merupakan tempat paling lembap di rumah.

Sebaiknya, menyimpan obat di kamar tidur serta jauh dari jangkauan anak-anak. Rekomendasi yang sama berlaku untuk vitamin. 

Tampon

Menyimpan tampon atau pembalut dan produk saniter lainnya di kamar mandi memang nyaman, tapi sebenarnya bukan tempat yang bagus. Tampon menjadi benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi. 

Sebagian besar produsen tampon merekomendasikan menyimpannya di tempat sejuk dan kering karena lingkungan lembap dapat menyebabkan bakteri dan jamur berkembang biak.

Namun, tampon yang disimpan di kamar mandi untuk waktu singkat tidak akan terpengaruh, jadi jangan khawatir menyimpan sedikit persediaan di bawah wastafel. 

Ketika tingkat kelembapan berfluktuasi, kayu mengembang dan menyusut, yang akan menyebabkan lapisan cat terbelah, melepuh, serta terlepas. Saat mendekorasi kamar mandi, pilih potongan kayu yang diwarnai daripada dicat. 

Makeup 

Terakhir, benda yang tidak boleh disimpan di kamar mandi adalah makeup atau produk kosmetik karena sensitif terhadap kelembapan dan perubahan suhu yang drastis. Spons rias yang lembap dapat dengan cepat berjamur di lingkungan yang lembap.

Demikian pula, wewangian pribadi seperti parfum dan cologne akan cepat rusak bila disimpan di tempat yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/01/144100176/7-benda-yang-tidak-boleh-disimpan-di-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke