Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 6 Kebiasaan Ini di Dalam Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Kompas.com - 14/01/2022, 16:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi area untuk tempat beristirahat yang digunakan setiap hari, membuat kamar tidur harus didesain senyaman mungkin.

Ketika ada yang salah di dalam kamar tidur, pemilik akan merasakan hal yang tidak biasa, misalnya ketika bangun dengan hidung tersumbat atau tenggorokan gatal di pagi hari atau bahkan kesulitan untuk tidur.

Dilansir dari Mind Body Green, Jumat (14/1/2022), jika seperti itu, sudah saatnya untuk mengganti enam kebiasaan kotor ini dengan alternatif pembersihan yang direkomendasikan ahli. 

Baca juga: Catat, 7 Benda Ini Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur

 

Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kasur dengan vacuum cleaner.

1. Selalu menyedot debu

Terutama jika kamar tidur Anda berkarpet, Caroline Blazovsky, pendiri My Healthy Home, mengatakan penting untuk menyedot debu setidaknya sekali seminggu.

Aturan praktisnya adalah menjalankan mesin sesuai dengan berapa banyak orang dan hewan peliharaan yang tinggal di rumah.

Jadi, jika ada dua orang di rumah dan dua hewan peliharaan, itu berarti Anda perlu menyedot debu empat kali seminggu.

Mungkin terdengar berlebihan, tetapi ahli biologi bangunan dan konsultan lingkungan Ryan Blaser mengatakan bahwa menyedot debu sangat penting di kamar tidur karena sering menjadi rumah bagi begitu banyak tungau debu.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kamar Tidur Anak Tertata dan Menyenangkan

Di antara kasur, lantai, dan pelapis apa pun, ruangan memiliki banyak permukaan untuk tungau ini berkumpul, yang berpotensi memicu alergi dan iritasi pernapasan dalam prosesnya.

Blazovsky merekomendasikan menyedot debu dengan vacuum cleaner yang memiliki filter HEPA untuk mengambil semua debu dan kotoran kecil. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com