Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Hias yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Kompas.com - 02/11/2021, 12:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias lebih dari sekadar aksen dekoratif atau mempercantik rumah. Tanaman hias dapat membantu mengurangi kadar karbon dioksida dan debu di rumah. 

Bahkan kehadiran tanaman hias pada area tertentu di rumah seperti kamar tidur dapat membantu memperoleh tidur malam lebih cepat dan nyenyak.

Anda bisa memilih satu atau dua tanaman untuk diletakkan di kamar tidur, bahkan di meja samping tempat tidur

Melansir dari Bobvila, Selasa (2/11/2021), berikut ini tujuh tanaman hias yang membantu tidur lebih nyenyak untuk kamar tidur. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah

Lavender 

Ilustrasi lavenderlola1960 Ilustrasi lavender
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa lavender mampu mengurangi tekanan darah dan detak jantung. 

Tananam lavender memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Meletakkan tanaman lavender di samping tempat tidur dapat membuat Anda menghirup aromanya yang menenangkan saat tidur.

Hal ini pada akhirnya membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak secara alami. 

Baca juga: Sulit Tidur? Coba Letakkan 6 Tanaman Ini di Kamar 

Lidah buaya

Lidah buaya telah lama dikenal karena kemampuannya menyembuhkan luka bakar dan ruam. Namun, ternyata lidah buaya mampu meningkatkan kualitas udara yang lebih baik.

Lidah buaya mengeluarkan oksigen pada malam hari, bukan siang hari, memberikan udara di sekitarnya dorongan yang dapat bermanfaat bagi tidur. 

Ditambah, lidah buaya tidak memerlukan banyak perawatan sehingga menjadikannya pilihan yang baik bagi pemula tanaman hias. 

Baca juga: Mengenal Calandiva, Tanaman Sukulen Berbunga Cantik dan Dekoratif

Melati

Melati bisa ditanam di dalam rumah untuk digunakan mengharumkan ruangan.Pixabay/Capri23auto Melati bisa ditanam di dalam rumah untuk digunakan mengharumkan ruangan.
Tanaman bunga melati lebih dari sekadar bunga yang cantik dan memiliki aroma yang sangat harum. Ternyata aroma yang dimiliki melati dapat memberi ketenangan. 

Studi menunjukkan bahwa aroma melati benar-benar dapat meningkatkan kualitas tidur dan peluang untuk bangun tidur dengan kondisi dan sikap yang lebih baik serta mengurangi kecemasan

Baca juga: 8 Tanaman Hias Ini Tidak Butuh Cahaya Matahari Langsung, Apa Saja? 

Peace lily

Tanaman hias peace lily atau bunga lili perdamaian dicintai karena keindahannya yang anggun dan perawatannya yang mudah. 

Peace lily juga menjadi pilihan tanaman untuk kamar tidur yang cerdas karena kemampuannya mengurangi jumlah mikroba di udara rumah, yang pada gilirannya dapat meredakan gejala alergi.

Dengan berkurangnya gejala alergi seperti gatal, mengi, dan tenggorokan yang kering, dapat membuat tidur malam lebih nyenyak. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Ini Bisa Hidup di Ruangan Gelap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com