Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Hias yang Membantu Tidur Lebih Nyenyak dan Berkualitas

Bahkan kehadiran tanaman hias pada area tertentu di rumah seperti kamar tidur dapat membantu memperoleh tidur malam lebih cepat dan nyenyak.

Anda bisa memilih satu atau dua tanaman untuk diletakkan di kamar tidur, bahkan di meja samping tempat tidur. 

Melansir dari Bobvila, Selasa (2/11/2021), berikut ini tujuh tanaman hias yang membantu tidur lebih nyenyak untuk kamar tidur. 

Tananam lavender memiliki aroma yang harum dan menenangkan. Meletakkan tanaman lavender di samping tempat tidur dapat membuat Anda menghirup aromanya yang menenangkan saat tidur.

Hal ini pada akhirnya membantu meningkatkan tidur malam yang nyenyak secara alami. 

Lidah buaya

Lidah buaya telah lama dikenal karena kemampuannya menyembuhkan luka bakar dan ruam. Namun, ternyata lidah buaya mampu meningkatkan kualitas udara yang lebih baik.

Lidah buaya mengeluarkan oksigen pada malam hari, bukan siang hari, memberikan udara di sekitarnya dorongan yang dapat bermanfaat bagi tidur. 

Ditambah, lidah buaya tidak memerlukan banyak perawatan sehingga menjadikannya pilihan yang baik bagi pemula tanaman hias. 

Studi menunjukkan bahwa aroma melati benar-benar dapat meningkatkan kualitas tidur dan peluang untuk bangun tidur dengan kondisi dan sikap yang lebih baik serta mengurangi kecemasan. 

Peace lily

Tanaman hias peace lily atau bunga lili perdamaian dicintai karena keindahannya yang anggun dan perawatannya yang mudah. 

Peace lily juga menjadi pilihan tanaman untuk kamar tidur yang cerdas karena kemampuannya mengurangi jumlah mikroba di udara rumah, yang pada gilirannya dapat meredakan gejala alergi.

Dengan berkurangnya gejala alergi seperti gatal, mengi, dan tenggorokan yang kering, dapat membuat tidur malam lebih nyenyak. 

Jika ingin menyimpan tanaman valerian di kamar tidur, pastikan tanaman mendapatkan setidaknya enam jam sinar matahari dalam sehari. Selain itu, tanaman valerian membutuhkan sinar matahari penuh agar tetap sehat.  

Rosemary 

Rosemary memiliki aroma yang kuat dan memabukkan yang dikenal dapat mengurangi kecemasan dan stres. Dengan demikian, dapat membuat tidur lebih berkualitas serta nyenyak.

Ditambah, tanaman rosemary dapat dimanfaatkan untuk memasak. Jadi, letakkan satu tanaman rosemary di kamar tidur. 

Tanaman bunga ini tentu menjadi pilihan yang baik untuk kamar tidur bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur atau membantu meningkatkan suasana hati.

Gardenia membutuhkan enam hingga delapan jam sinar matahari dalam sehari. Jadi, biarkan tirai kamar tetap terbuka dan letakkan tanaman di dekat jendela kamar tidur yang cerah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/02/123959276/7-tanaman-hias-yang-membantu-tidur-lebih-nyenyak-dan-berkualitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke