Kompas.com - 28/07/2021, 23:23 WIB
Ilustrasi tanaman di kamar tidur Unsplash/SpacejoyIlustrasi tanaman di kamar tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Insomnia atau gangguan tidur menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan orang, terlebih masa pandemi Covid-19 ini. Kekhawatiran dan stres menjadi penyebab utama insomnia atau sulit tidur.

Sebetulnya, ada banyak cara mengatasi permasalahan sulit tidur ini. Bahkan, tidur malam yang berkualitas bisa menjadi sesuatu yang sederhana dengan menambahkan sedikit kehidupan ke kamar tidur, yakni dengan meletakkan tanaman

Baca juga: 4 Tanda Pot Tanaman Harus Diganti

Sebuah studi yang dilakukan NASA menunjukkan bahwa tanaman tertentu dapat memurnikan udara di rumah serta bagus untuk mencegah pilek dan alergi, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, beberapa tanaman juga memiliki aroma yang dapat menenangkan dan menghilangkan stres.

Melansir dari laman Elle Decor, Rabu (28/7/2021), berikut ini enam tanaman terbaik untuk kamar tidur yang dapat membantu memperoleh tidur malam lebih nyenyak. 

Baca juga: Tanaman Indoor yang Bisa Hidup di Ruangan Minim Cahaya 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lidah buaya

NASA menobatkan lidah buaya atau aloe vera sebagai salah satu tanaman terbaik untuk memurnikan udara dalam penelitiannya. Hal ini karena kemampuan lidah buaya melepaskan oksigen sepanjang malam.

Bonusnya, lidah buaya juga sangat mudah dirawat — yang berarti lebih banyak waktu untuk tidur — dan memiliki penampilan yang sangat cantik. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Diletakkan di Kamar Mandi

English ivy 

Ilustrasi english ivy.SHUTTERSTOCK/MYIMAGINE Ilustrasi english ivy.
Sebuah studi yang dilakukan American College of Allergy, Asthma & Immunology melaporkan bahwa English ivy mampu menghilangkan 94 persen kotoran di udara dan 78 persen jamur di udara hanya dalam waktu 12 jam.

Jadi, jika menderita alergi, menyimpan beberapa tanaman yang indah ini dapat mencegah bersin selam semalaman. 

Baca juga: 10 Tanaman Bunga Indoor yang Dapat Mencerahkan Ruangan

Melati

Melati tidak hanya mengharumkan ruangan. Psikolog di Wheeling Jesuit University menemukan bahwa mereka yang mencium aroma bunga melati dapat memperoleh kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Halaman:


Sumber Elle Decor
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.