Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Australia Memburuk, Ribuan Warga Sydney Mengungsi

Kompas.com - 05/07/2022, 14:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

SYDNEY, KOMPAS.com - Hujan deras terus mengguyur pantai timur Australia pada Selasa (5/7/2022), memperparah krisis banjir di Sydney.

Ribuan penduduk diperintahkan meninggalkan rumah mereka semalam setelah sungai-sungai dengan cepat naik melewati tingkat bahaya.

Dilansir Reuters, sekitar 50.000 penduduk di New South Wales, sebagian besar di pinggiran barat Sydney, telah diberitahu untuk mengungsi atau diperingatkan bahwa mereka mungkin menerima perintah evakuasi.

Baca juga: Jutaan Korban Banjir Mematikan di Bangladesh dan India Menanti Bantuan

Jumlahnya naik dari 30.000 pada Senin (4/6/2022), kata Menteri Manajemen Darurat negara bagian Steph Cooke.

Sistem tekanan rendah yang intens di lepas pantai timur Australia membawa hujan lebat dengan beberapa tempat menerima curah hujan sekitar satu bulan sejak Sabtu (2/7/2022).

"Sel badai liar terbaru kemungkinan akan mereda di Sydney pada hari Selasa," Cooke mengatakan kepada televisi lokal.

"Tetapi risiko banjir dapat tetap ada sepanjang minggu karena sebagian besar tangkapan sungai sudah mendekati kapasitas penuh bahkan sebelum badai terbaru."

"Kami belum keluar dari hutan," kata Cooke.

Baca juga: Banjir Dukungan Uni Eropa dan Inggris, Ukraina Bersumpah Menang Lawan Rusia

Pemerintah federal pada Senin malam menyatakan banjir sebagai bencana alam, membantu warga yang terkena banjir menerima dukungan dana darurat.

Awak darurat akan melanjutkan operasi penyelamatan mereka pada hari Selasa untuk menderek kapal pengangkut curah yang kehilangan daya di lepas pantai Sydney setelah tali derek putus dalam cuaca buruk, kata para pejabat.

Banjir besar terjadi di Windsor di barat Sydney, yang merupakan banjir ketiga tahun ini.

Ketinggian air saat ini lebih tinggi daripada yang terlihat pada banjir awal tahun ini, kata biro cuaca.

Baca juga: 21 Orang Tewas Tersambar Petir saat Badai dan Banjir Terjang India dan Bangladesh, Jutaan Mengungsi

Rekaman di media sosial menunjukkan jalan dan jembatan terendam, sementara kru darurat menyelamatkan orang-orang yang terdampar dari kendaraan yang sebagian terendam yang terjebak di air yang naik.

Nigel Myron, seorang penduduk Windsor, mengatakan dia telah menyiapkan perahu karet jika dia harus mengungsi meskipun dia ingin kembali ke tempatnya setelah air surut.

"Pada akhirnya, apa yang bisa Anda lakukan? Begitulah adanya dan kami membersihkan diri dari abu dan membangun kembali setelah banjir datang dan pergi," kata Myron kepada televisi ABC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com