Kompas.com - 05/07/2022, 13:01 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan di Arab Saudi telah merawat 43.425 jemaah jelang musim haji 2022, yang dimulai pada Rabu (6/7/2022).

Hal ini dilaporkan oleh Saudi Press Agency melaporkan pada Senin (4/7/2022).

Perawatan yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan kepada jemaah haji ini ada bermacam-macam, termasuk tindakan operasi jantung.

Baca juga: Suhu Maksimum Arab Saudi Saat Musim Haji 2022 Lebih Panas dari Indonesia

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi, dalam jangka waktu dari 31 Mei hingga 3 Juli 2022, sudah ada lima tindakan operasi jantung terbuka, 66 kateterisasi jantung, 182 sesi dialisis, dua prosedur endoskopi, dan 95 operasi lainnya.

Sementara, lebih dari 290 jemaah haji dirawat di rumah sakit (RS) dan seorang wanita telah dibantu untuk melahirkan.

Empat kasus stroke juga diidentifikasi melalui penggunaan rumah sakit virtual Kementerian Kesehatan Arab Saudi dan lebih dari 740 jemaah berkonsultasi dengan petugas kesehatan melalui aplikasi kesehatan Sehhaty.

Seorang jemaah haji di Mekkah, Arab Saudi, pada Jumat (1/7/2022) duduk sambil memayungi diri di Masjidil Haram, dalam haji pertama setelah Pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuka kembali kuota haji untuk warga negara asing yang ditutup akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun.ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem Seorang jemaah haji di Mekkah, Arab Saudi, pada Jumat (1/7/2022) duduk sambil memayungi diri di Masjidil Haram, dalam haji pertama setelah Pemerintah Kerajaan Arab Saudi membuka kembali kuota haji untuk warga negara asing yang ditutup akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun.

Di Mekkah, Madinah, dan tempat-tempat ibadah haji, otoritas Arab Saudi telah menyiapkan 23 rumah sakit dan 147 klinik dengan kapasitas gabungan 4.654 tempat tidur, termasuk 1.080 tempat tidur ICU.

Karena haji sedang berlangsung di salah satu bulan terpanas pada tahun ini di Arab Saudi, otoritas setempat telah menyediakan 230 tempat tidur yang disisihkan untuk jemaah yang menderita kelelahan panas.

Baca juga: Arab Saudi Cabut Aturan Wajib Hijab, Kenapa Banyak Wanita Pilih Potong Rambut Pendek Gaya “Boy”

Pasukan yang terdiri dari 25.000 praktisi kesehatan siap melayani jemaah selama penyelengaraan ibadah haji 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.