Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebut Pakai Sunscreen Bikin Pria Kurang Jantan, Netizen Malaysia Banjir Kritikan

Kompas.com - 11/06/2022, 15:37 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com – Seorang netizen di Malaysia memicu perdebatan di Twitter ketika dia mengatakan bahwa pria tak boleh memakai tabir surya atau suncreen.

Saat menanggapi posting di Twitter seorang netizen pria tentang proses memakai sunscreen, netizen tersebut berkata, “Jadilah seorang pria. Berhentilah memakai tabir surya”.

Setelah postingnya mendapat banyak reaksi, netizen tersebut membalas dengan mengatakan, "Jumlah soy boy (istilah ejekan yang sering kali dipakai dalam komunitas-komunitas daring untuk menyebut pria yang kurang maskulin) yang dipicu oleh tweet ini terlalu banyak".

Baca juga: Punya Gaji Rp 22,9 Juta, Gadis Ini Pilih Batasi Pengeluaran Makan Rp 97.000 Per Bulan, Ini Hasilnya

Dia kemudian menjelaskan bahwa dalam pengalamannya bekerja di bidang yang didominasi laki-laki, tidak ada yang peduli dengan tabir surya.

“Hanya soy boy yang bekerja di kantor yang takut matahari, karena mereka telah dimanipulasi oleh bisikan setan di kantor,” ungkap netizen tersebut, dilansir dari World of Buzz.

Tweet-nya telah mendapatkan cukup banyak perhatian.

Banyak netizen turun ke bagian komentar untuk membalas posting netizen tersebut karena mengatakan bahwa pria yang memakai tabir surya tidak maskulin.

“Para pria terkasih, memakai tabir surya tidak membuat Anda kehilangan jati diri Anda… Anda tetap seorang pria bahkan ketika Anda menambahkan rutinitas perawatan kulit atau perawatan diri dasar setiap hari,” komentar seorang pengguna Twitter lainn.

Sementara itu, beberapa pengguna Twitter berpendapat bahwa menjaga kesehatan dan menghindari kanker kulit jauh lebih penting daripada “kejantanan” pria.

Baca juga: Viral Kisah Pria Tuntut Anak Tiri Ganti Rugi Biaya Merawat Rp76 Juta Setelah Cerai dengan Ibunya

Beberapa netizen pria bahkan turun ke bagian komentar untuk berbagi bagaimana tabir surya telah meningkatkan kesehatan kulit dan kesehatan secara umum mereka.

Tabir surya memainkan peran besar dalam perjalanan jerawat saya, mendapatkan kembali kepercayaan diri saya dan melakukan sedikit lebih baik dalam hidup,” beber salah satu netizen.

"Ini benar-benar hanya krim yang menghalangi radiasi matahari, tidak ada hubungannya dengan menjadi seorang pria," tambah pengguna Twitter lainnya.

Apa yang dikatakan sains?

Menghindari paparan sinar matahari berlebih bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata atau setidaknya mencegah muncul semakin banyak kerutan.PEXELS/ARMIN ROMOLDI Menghindari paparan sinar matahari berlebih bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di bawah mata atau setidaknya mencegah muncul semakin banyak kerutan.

Ada banyak penelitian ilmiah yang telah membuktikan bahwa tabir surya sangat penting terutama untuk kulit karena kulit yang tidak terlindungi dapat menyebabkan kanker kulit, kerutan, dan masalah terkait kulit lainnya.

Namun, beberapa netizen yang sependapat dengan netizen Malaysia tersebut membagikan sebuah penelitian yang diduga mengeklaim bahwa tabir surya menurunkan bagian dari maskulinitas pria.

Baca juga: Viral Video Majikan Tulis 12 Aturan untuk ART, Harus Mandi Setelah Masak dan Dilarang Hidupkan AC Tanpa Izin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com