Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2020, 11:50 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

JODHPUR, KOMPAS.com - Seorang pekerja amal dari Inggris yang sembuh dari Covid-19, demam berdarah (DB), dan malaria, juga selamat setelah digigit ular kobra di negara bagian Rajasthan, India.

Pria bernama Ian Jones itu digigit ular kobra di distrik pedesaan Jodhpur, dan dirawat di rumah sakit kota Jodhpur, sekitar 350 kilometer dari ibu kota Jaipur.

"Jones datang pekan lalu setelah digigit ular di sebuah desa di sana. Awalnya dia diduga juga positif Covid-19 (untuk kedua kalinya) tapi ternyata negatif," kata dokter Abhishek Tater yang merawatnya di Rumah Sakit Medipulse, kepada AFP pada Sabtu (21/11/2020).

Baca juga: Seorang Penderita Covid-19 Buta dan Lumpuh setelah Digigit Ular Kobra Hitam

"Saat bersama kami, dia dalam keadaan sadar dan memiliki gejala gigitan ular termasuk penglihatan yang kabur dan sulit berjalan, tetapi ini biasanya gejala sementara," tambah Tater.

Jones lalu dipulangkan dari rumah sakit awal pekan ini.

"Kami merasa tidak akan ada efek jangka panjang. Jika belum membaik, dia akan pulih dalam beberapa hari ke depan," tambah dokter tersebut.

Baca juga: Mengenal Ular Kobra Jawa yang Banyak Ditemui di Permukiman Jakarta

Dikatakan juga bahwa kasus gigitan ular tidak jarang terjadi di wilayah pedesaan itu.

"Ayah adalah seorang pejuang, selama di India dia sudah menderita malaria dan demam berdarah sebelum Covid-19," kata putranya, Seb Jones.

Ia menuliskannya dalam pernyataan di halaman GoFundMe yang dibuka untuk membayar tagihan medisnya, dan melakukan perjalanan pulang ke Pulau Wight di Inggris selatan.

Baca juga: Hendak Awasi Ladang, Nenek Berusia 70 Tahun Diperkosa lalu Dibunuh di India

"Dia tidak bisa pulang karena pandemi, dan sebagai keluarga, kami memahami keinginannya untuk terus mendukung banyak orang yang membutuhkan dirinya," lanjut Seb.

Jones bekerja dengan pengrajin tradisipnal di Rajasthan, dan melalui usaha sosialnya yang didukung badan amal, mereka membantu mengimpor barang-barang dari Inggris untuk membantu warga setempat keluar dari kemiskinan.

Baca juga: Disebut Sakit dan Muntah karena Terkena Senjata Laser China, Ini Jawaban India

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com