Kompas.com - 05/07/2022, 13:29 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - China telah secara resmi mengadili taipan Kanada-China Xiao Jianhua, lebih dari lima tahun setelah dugaan penculikannya di Hong Kong.

Hal ini sempat mengguncang kota dan memicu kekhawatiran tentang penduduk yang dihilangkan secara paksa.

Dilansir Guardian, Kedutaan Kanada di Beijing mengonfirmasi pada hari Senin (4/7/2022) bahwa persidangan Xiao telah dimulai minggu ini.

Baca juga: Kapal Hong Kong Terbelah di Laut China Selatan, 12 Jasad Ditemukan, 26 Awak Hilang

"Pejabat konsuler Kanada memantau kasus ini dengan cermat, memberikan layanan konsuler kepada keluarganya dan terus mendesak akses konsuler," katanya dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan lokasi persidangan dan dakwaan terhadapnya.

Laporan sebelumnya oleh The Wall Street Journal menunjukkan bahwa Xiao kemungkinan akan didakwa dengan tuduhan mengumpulkan simpanan publik secara ilegal, yang dapat membawa hukuman penjara lima tahun atau lebih, tergantung pada tingkat keparahannya.

Sejak kepergiannya, Xiao pertama kali ditahan di provinsi Jiangsu timur, dan terakhir di Shanghai.

Baca juga: China Lockdown 1,7 Juta Orang di Anhui Usai Muncul 1.000 Kasus Covid

Hingga 2017, Xiao, 50 tahun, adalah salah satu pengusaha terkaya di China daratan dengan koneksi tingkat tinggi di partai Komunis yang berkuasa.

Sebagai seorang pemimpin mahasiswa pada tahun 1989 di Universitas Peking yang bergengsi, Xiao memihak pemerintah selama protes mahasiswa dan kemudian menemukan kekayaan selama ledakan ekonomi negara itu.

Xiao menjadi kaya dengan menjual komputer pribadi setelah dia lulus. Pada 2016, menurut kelompok riset Hurun Report, kekayaannya mencapai 6 miliar dollar AS, dengan investasi di bank dan asuransi melalui berbagai struktur kompleks.

Laporan berita Tiongkok menunjukkan bahwa Xiao telah, selama bertahun-tahun, bekerja atas nama sejumlah keluarga elite Tiongkok.

Baca juga: Menlu China ke Myanmar Pertama Kali Sejak Kudeta Militer, Pelopori “Forum Delta Mekong”

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.