Kompas.com - 02/07/2022, 11:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai sudah perjalanan luar negeri Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi ke Ukraina, Rusia, Uni Emirat Arab (UEA), dan KTT G7 sejak Senin (27/6/2022) hingga Jumat (1/7/2022).

Di Jerman Jokowi menghadiri KTT G7 dan melakukan sembilan pertemuan, lalu bertolak ke Ukraina untuk melihat langsung dampak perang serta bertemu Presiden Volodymyr Zelensky.

Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan termasuk Ibu Negara Iriana terbang ke Rusia untuk bertatap muka dengan Presiden Vladimir Putin, dan mengakhiri perjalanannya di UEA dengan menyambangi Putra Mahkota Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ.

Baca juga: Kenapa Putin Tidak Pakai Meja Panjang Saat Bertemu Jokowi di Rusia?

Berikut adalah momen-momen menarik dalam kunjungan Jokowi ke Rusia, Ukraina, KTT G7, dan UEA.

1. 9 pertemuan bilateral dan dirangkul Biden

Presiden Joko Widodo dan Sesi foto bersama para pemimpin dunia yang hadir di KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022).DOK SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden Joko Widodo dan Sesi foto bersama para pemimpin dunia yang hadir di KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022).
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada Senin (27/6/2022) menyampaikan, Presiden Joko Widodo melakukan sembilan pertemuan bilateral di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G7 di Schloss Elmau, Jerman.

"Selain menghadiri dua sesi dalam KTT G7 and Partner Countries, bapak presiden juga melakukan sekitar sembilan pertemuan bilateral, yaitu dengan PM India, Presiden Perancis, PM Kanada, Kanselir Jerman, PM Inggris, PM Jepang, Presiden Komisi Eropa, Presiden Dewan Eropa, dan manajemen karakter IMF," ujar Retno.

"Selain membahas isu penguatan kerja sama bilateral, isu terkait perang di Ukraina dan dampaknya terhadap rantai pasok pangan dunia dibahas hampir di semua pertemuan bilateral tersebut," lanjutnya dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (28/6/2022).

KTT G7 dimeriahkan dengan sesi foto bersama, dan saat itulah momen Jokowi dirangkul Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden terjadi.

Presiden AS Joe Biden ketika merangkul Presiden Joko Widodo saat sesi foto bersama di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022).DOK SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden AS Joe Biden ketika merangkul Presiden Joko Widodo saat sesi foto bersama di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Schloss Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022).
Setelah bertegur sapa dengan PM Jepang Fumio Kishida, Jokowi disapa Biden. Keduanya lantas bersalaman dan berbincang.

Tidak terdengar jelas apa yang dibicarakan oleh mereka, tetapi Biden sempat terdengar mengatakan "Thank You" kepada Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.