Kompas.com - 02/07/2022, 08:49 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin disebut masih ingin merebut sebagian besar Ukraina.

Penilaian tersebut disampaikan oleh Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat (AS) Avril Haines pada Rabu (29/6/2022).

Namun, perwira tinggi intelijen AS itu melihat, pasukan Putin sudah sangat terdegradasi oleh pertempuran sehingga mereka kemungkinan hanya dapat mencapai keuntungan tambahan dalam waktu dekat.

Baca juga: Jawaban Kremlin Saat Ditanya Isi Pesan Zelensky yang Disampaikan Jokowi ke Putin

Avril Haines menjelaskan bahwa konsensus badan mata-mata AS adalah akan terus bekerja "untuk jangka waktu yang lama".

"Singkatnya, gambarannya tetap sangat suram dan sikap Rusia terhadap Barat semakin keras," kata Haines dalam konferensi Departemen Perdagangan, dilansir dari Reuters.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sendiri pada pekan ini telah mengatakan kepada Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin G7 lainnya bahwa dia ingin perang berakhir pada akhir tahun.

Tetapi, Haines menganggap bahwa miliaran dollar AS senjata modern yang dipasok oleh AS dan negara-negara lain ke pasukan Ukraina mungkin tidak akan memberi mereka kemampuan untuk membalikkan keadaan melawan Rusia dalam waktu dekat.

Dia mengatakan bahwa Putin tetap berniat menguasai sebagian besar Ukraina meskipun pasukan Ukraina telah mengalahkan upaya Rusia untuk merebut ibu kota Kyiv pada Februari 2022, hingga memaksa Moskwa mengurangi targetnya dengan merebut seluruh wilayah Donbass.

"Kami pikir dia secara efektif memiliki tujuan politik yang sama dengan sebelumnya, yaitu dia ingin menguasai sebagian besar Ukraina," kata Haines.

Baca juga: Kenapa Putin Tidak Pakai Meja Panjang Saat Bertemu Jokowi di Rusia?

Dalam penilaian publik pertamanya tentang perang sejak Mei, Haines menegaskan bahwa pasukan Rusia bagaimanapun telah sangat terdegradasi oleh lebih dari empat bulan pertempuran sehingga tidak mungkin mereka dapat mencapai tujuan Putin dalam waktu dekat.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.