Kompas.com - 02/07/2022, 09:29 WIB

ISTANBUM, KOMPAS.com - Ukraina telah meminta Turkiye untuk menahan kapal kargo berbendera Rusia Zhibek Zholy yang membawa kargo biji-bijian Ukraina yang diambil dari pelabuhan Berdyansk yang diduduki Rusia.

Informasi ini disampaikan oleh seorang pejabat Ukraina dan terungkap dalam dokumen yang dilihat oleh Reuters.

Pejabat Kementerian Luar Negeri Ukraina, mengutip informasi yang diterima dari administrasi maritim negara itu, mengatakan kapal Zhibek Zholy 7.146 dwt telah memuat kargo pertama berisi sekitar 4.500 ton biji-bijian dari Pelabuhan Berdyansk, yang menurut pejabat itu milik Ukraina.

Baca juga: Kenapa Putin Tidak Pakai Meja Panjang Saat Bertemu Jokowi di Rusia?

Dalam sebuah surat tertanggal 30 Juni kepada Kementerian Kehakiman Turkiye, Kantor Kejaksaan Ukraina menyatakan bahwa Zhibek Zholy terlibat dalam ekspor ilegal gandum Ukraina dari Berdyansk menuju ke Karasu, Turkiye.

Dalam dokumen itu, terungkap ada 7.000 ton biji-bijian yang diangkut atau lebih besar dari yang disampaikan oleh pejabat Kementerian Luar Negeri Ukraina. 

Dalam suar, Kantor Kejaksaan Ukraina meminta Turkiye untuk melakukan pemeriksaan kapal laut ini, menyita sampel biji-bijian untuk pemeriksaan forensik, meminta informasi tentang lokasi biji-bijian tersebut.

Kantor Kejaksaan juga menyatakan bahwa Ukraina siap untuk melakukan penyelidikan bersama dengan otoritas Turkiye.

Seorang pejabat Rusia di daerah yang diduduki Rusia di wilayah Zaporizhzhia Ukraina mengatakan pada Kamis (30/6/2022), bahwa setelah penghentian beberapa bulan, kapal kargo pertama telah meninggalkan pelabuhan Berdyansk tanpa menyebutkan nama Zhibek Zholy.

Baca juga: Sinyal Baik dari Perang Rusia-Ukraina

Pejabat Kremlin di Moskwa tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters pada Jumat (1/7/2022).

Ukraina sendiri menuduh Rusia mencuri gandum dari wilayah yang telah direbut pasukan Rusia sejak invasi dimulai pada akhir Februari.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.