Kompas.com - 29/06/2022, 15:04 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Anggota NATO Turkiye telah setuju untuk mendukung keanggotaan aliansi Swedia dan Finlandia, setelah sebelumnya menentang tawaran negara-negara Nordik untuk bergabung.

Turkiye marah dengan apa yang dilihatnya sebagai kesediaan mereka untuk menjadi tuan rumah bagi militan Kurdi.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-125 Serangan Rusia ke Ukraina, Turkiye Akhirnya Setuju Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Oligarki Rusia Menentang Invasi

Adapun tanpa dukungan Turkiye, Swedia dan Finlandia tidak dapat bergabung dengan NATO.

Rusia sangat menentang kedua negara itu bergabung dan telah menggunakan perluasan aliansi militer defensif Barat sebagai dalih untuk perang di Ukraina.

Tetapi invasi Rusia ke Ukraina yang berkepanjangan memiliki efek sebaliknya.

Kini dengan persetujuan dari semua anggota aliansi pertahanan itu kedua negara Nordik itu dapat dipastikan untuk bergabung dengan NATO.

Jalan itu terbuka setelah Menteri Luar Negeri dari tiga negara (Turkiye, Finlandia dan Swedia) menandatangani pakta keamanan bersama yang membahas keprihatinan Ankara.

Kepala NATO Jens Stoltenberg mengatakan Swedia setuju untuk meningkatkan tindakannya pada permintaan ekstradisi Turkiye terhadap tersangka militan.

Kedua negara Nordik juga akan mencabut pembatasan penjualan senjata ke Turkiye, katanya sebagaimana dilansir BBC pada Rabu (29/6/2022).

Baca juga: NATO Tempatkan 300.000 Tentara dalam Siaga Tinggi, Hadapi Ancaman Rusia

Presiden Finlandia Niinisto mengatakan ketiga negara menandatangani nota bersama "untuk memberikan dukungan penuh mereka terhadap ancaman keamanan satu sama lain".

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.