Diapit Keluarga, Ferdinand Marcos Jr Resmi Proklamirkan Diri sebagai Presiden Filipina

Kompas.com - 26/05/2022, 10:45 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Ferdinand Marcos Jr diapit oleh keluarganya, termasuk sang ibu Imelda Marcos, saat berdiri di mimbar di Kongres Filipina untuk diproklamasikan sebagai presiden terpilih, menandai kembalinya dinasti Marcos ke kursi kekuasaan.

Marcos Jr memenangkan hampir 59 persen suara dalam pemilihan awal bulan ini, dua kali lipat lebih dari saingan terdekatnya.

Baca juga: Ferdinand Marcos Jr Ingin Filipina Hindari Konflik Bersejarah dengan China

Kemenangan telaknya mengikuti kampanye yang sangat memecah belah yang didominasi oleh disinformasi yang berusaha memuliakan rezim ayah diktatornya, Ferdinand Marcos Sr.

Diktator Filipina itu menjarah sebanyak 10 miliar dollar AS (Rp 146 triliun) saat menjabat, dan memimpin pelanggaran hak asasi manusia yang marak.

Marcos Jr belum mengakui atau meminta maaf atas pelanggaran yang dilakukan di bawah pemerintahan ayahnya.

Dalam komentar yang dibuat setelah memproklamirkan diri, dia mengatakan bahwa dia merasa rendah hati dengan hasil pemilihan.

"Saya berjanji, bahwa kami mungkin tidak sempurna, tetapi kami akan selalu berusaha untuk kesempurnaan," kata dia sebagaimana dilansir Guardian.

Imelda Marcos, 92 tahun, ikut naik ke mimbar untuk berdiri di samping putranya, dan melambai saat tangannya diangkat oleh presiden dan ketua senat. Dia mengajukan banding atas hukuman pidana 2018 atas tujuh tuduhan korupsi.

Marcos juga ditemani oleh istrinya, Liza Araneta-Marcos, saudara perempuannya Imee dan Irene Marcos serta putranya Joseph Simon Marcos.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Sri Lanka Cuma Punya Stok Bensin untuk Sehari | Taktik Anak Diktator Bisa Menang Pilpres Filipina

Imee Marcos, yang merupakan seorang senator, mengatakan kepada CNN Filipina bahwa dia yakin keluarganya sekarang memiliki kesempatan untuk menunjukkan apa yang "masih bisa mereka lakukan untuk negara".

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.