Korea Utara Gelar Parade Militer Usai Kongres Partai

Kompas.com - 15/01/2021, 05:53 WIB
Seorang pria menonton televisi yang menayangkan berita mengenai Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, saat hadir dalam Kongres Partai Buruh edisi kedelapan di Pyongyang, pada 6 Januari 2021. AFP PHOTO/JUNG YEON-JESeorang pria menonton televisi yang menayangkan berita mengenai Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, saat hadir dalam Kongres Partai Buruh edisi kedelapan di Pyongyang, pada 6 Januari 2021.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara dikabarkan menggelar parade militer pada Kamis (14/1/2021), sebuah agenda yang diawasi ketat oleh pengamat internasional, yang bertujuan mengetahui apabila ada teknologi militer baru.

Melansir Reuters dari laporan Yonhap, acara itu dilakukan setelah Korea Utara menyelesaikan Kongres Partai yang berkuasa di negeri itu.

Seperti diketahui, Pyongyang berada di bawah sanksi internasional karena program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Baca juga: Berdalih Cegah Perang Nuklir, Kim Jong Un Serukan Penguatan Militer Korea Utara

Parade militer yang tidak ditayangkan secara langsung di media pemerintah negara yang terisolasi itu, dimulai antara pukul 06.00 dan 07.00 malam waktu setempat.

Dan menurut sumber anonim dari pemerintah Korea Selatan, parade itu berlangsung sampai pukul 08.00 malam.

Dilaporkan bahwa pesawat militer tampak melepaskan kembang api dalam formasi, ungkap NK News, situs web yang memantau Korea Utara, mengutip sumber anonim yang menyaksikan kembang api tersebut.

Baca juga: Kim Jong Un Naik Jabatan di Partai, Ini Posisinya Sekarang...

Jelang Kongres, citra satelit komersial menunjukkan pasukan sedang berlatih dalam formasi dan menurut seorang sumber yang dikutip NK News, terdengar sebuah kendaraan berat bergerak di Pyongyang pada Minggu.

Pada Rabu, Kim Yo Jong, adik dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un dan anggota Komite Sentral Partai, mengkritik militer Korea Selatan yang telah mendeteksi tanda-tanda parade di Pyongyang pada hari Minggu.

Tindakan tersebut merupakan ekspresi 'pendekatan permusuhan' Selatan terhadap Utara, ujar wanita itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Korea Utara, KCNA.

Baca juga: Kim Jong Un Janji Tambah Senjata Nuklir demi Perangi Kebencian AS

Sementara itu, Kim Jong Un dan pejabat Korea Utara lainnya telah memenuhi stadion dalam ruangan di Pyongyang pada Rabu untuk menonton pertunjukan dari kelompok seni militer dan sipil serta kelompok pemuda.

Sebagian besar bertemakan pengagungan terhadap kepemimpinan Kim dan memperkuat pesan dari Kongres Partai, kantor berita KCNA melaporkan pada Kamis.

Kongres yang berlangsung selama delapan hari di Pyongyang itu adalah yang pertama sejak 2016 dan yang kedua sejak 1980.

Baca juga: Kim Yo Jong Marah karena Korea Selatan Memata-matai Korea Utara

Pertunjukan tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian pertemuan besar minggu ini di mana Kim dan peserta lainnya tampak tidak mengenakan masker atau mengikuti protokol kesehatan seperti jaga jarak sosial dan lainnya, berdasarkan gambar yang dirilis oleh media pemerintah.

Korea Utara belum melaporkan kasus virus corona yang dikonfirmasi, tetapi telah memberlakukan penutupan perbatasan yang ketat, pembatasan perjalanan domestik, dan langkah-langkah lain untuk mencegah penularan pandemi.

Baca juga: Kim Jong Un Bahas Pembaruan Hubungan dengan Korea Selatan


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X