Kerusuhan Demo Kematian George Floyd Mulai Dekati Gedung Putih

Kompas.com - 01/06/2020, 19:30 WIB
Massa beranjak menuju Gedung Putih, dengan foto yang memperlihatkan Gedung Capitol sebagai latar belakang. Mereka memprotes kematian pria kulit hitam George Floyd, yang tewas akibat lehernya ditindih lutut polisi di Minneapolis, negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Foto diambil pada Minggu (31/5/2020). REUTERS/ERIN SCOTTMassa beranjak menuju Gedung Putih, dengan foto yang memperlihatkan Gedung Capitol sebagai latar belakang. Mereka memprotes kematian pria kulit hitam George Floyd, yang tewas akibat lehernya ditindih lutut polisi di Minneapolis, negara bagian Minnesota, Amerika Serikat. Foto diambil pada Minggu (31/5/2020).

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kerusuhan akibat demonstrasi kematian George Floyd mulai mendekati Gedung Putih di Washington DC, Minggu (31/5/2020) malam waktu setempat.

Dilansir dari Reuters, pasukan Garda Nasional telah dikerahkan di 15 negara bagian serta ibu kota Washington DC, guna meredam kerusuhan di hari keenam demonstrasi.

Demonstrasi awalnya berlangsung damai atas kematian pria kulit hitam, George Floyd, yang lehernya ditindih lutut polisi selama hampir 9 menit.

Insiden itu terjadi pada Senin (25/5/2020) di Minneapolis, negara bagian Minnesota.

Baca juga: AS Disebut Pakai Standar Ganda di Demo George Floyd dan Demo Hong Kong

Kematiannya memicu demonstrasi besar-besaran di seluruh negara, dan menjadi pengulangan protes-protes sebelumnya akibat terbunuhnya warga kulit hitam oleh polisi AS.

Di Washington DC, pengunjuk rasa membakar barang-barang di sekitar Gedung Putih pada Minggu (31/5/2020). Asap mengepul ke udara bercampur dengan gas air mata, seiring demonstran yang meneriakkan nama George Floyd.

Kerusuhan tidak berhenti meski pada Jumat (29/5/2020) pelaku yang merupakan polisi bernama Derek Chauvin (44) telah ditangkap dan dijerat dengan pasal berlapis.

Baca juga: Derek Chauvin, Polisi yang Tindih Leher George Floyd, Diperiksa Tiap 15 Menit

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X