Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 12:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

Sumber The Kitchn

KOMPAS.com - Kamu termasuk orang yang suka dengan hidangan telur mata sapi? Dilansir dari beberapa sumber, ada tips membuat telur mata sapi sempurna yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

Sajian telur mata sapi dengan bagian tengahnya yang berwarna keemasan dan bagian putihnya yang lembut ini disukai banyak orang.

Kamu bisa simak dan ikuti tips membuat telur mata sapi sempurna untuk hidangan kapan saja, terutama pagi hingga siang hari berikut ini.

Baca juga:

1. Gunakan wajan antilengket

Dilansir dari laman The Kitchn, gunakan wajan antilengkat saat akan membuat telur mata sapi. Cara ini bisa membuat telur lebih mudah dimasak karena tidak menempel pada wajan.

2. Gunakan telur yang segar

Kamu bisa menggunakan telur yang segar untuk membuat telur mata sapi yang satu ini. Semakin segar atau baru telur yang digunakan maka akan semakin banyak kandungan proteinnya.

Dengan begitu, kandungan protein bisa menjaga bentuk dari telur mta sapi tetap terjaga dna tidak mudah menyebar ke seluruh wajan.

3. Pecahkan telur satu per satu

Jangan menggunakan banyak telur dalam satu wajan. Tuang atau pecahkan telur secara perlahan ke dalam wajan panas untuk menempatkan kuning telur di bagian tengah putihnya.

Ilustrasi telur ceplok atau telur mata sapi bulat sempurna. SHUTTERSTOCK/HANDMADEPICTURES Ilustrasi telur ceplok atau telur mata sapi bulat sempurna.

4. Tutup wajan

Gunakan tutup wajan dan masak telur dengan api kecil. Cara tersebut bisa membuat putih telurnya matang tanpa harus diolesi dengan lemak tambahan.

5. Perlukan menggunakan telur bersuhu ruangan?

Dalam laman The Kitchn menyebutkan kalau tidak ada perbedaan yang signifikan pada telur bersuhu ruang. Namun, kamu bisa menggunakan suhu bersuhu ruang saat memiliki banyak waktu agar hasilnya lebih sempurna.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com