Kompas.com - 17/08/2022, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Data Direktorat Jenderal Perkebunan menunjukkan, estimasi produksi kopi Indonesia pada 2021 mencapai 765.000 ton setahun.

Nilai ekspor kopi Indonesia ke banyak negara juga sangat tinggi. Menurut data Badan Pusat Statistika (BPS), nilai ekspor kopi Indonesia mencapai 849 juta dollar AS pada 2021.

Sebegitu besarnya jumlah produksi dan nilai ekspor kopi Nusantara, mengapa Indonesia masih mengimpor kopi?

Seri publikasi tahunan BPS Statistik Kopi Indonesia 2020 menulis, total volume impor kopi selama 2011-2020 adalah 18,11 ribu ton dengan nilai 49,12 juta dolar AS.

Dwi Sutoro, Ketua Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara mengatakan, dirinya tidak menampik bila Indonesia masih menerima pasokan kopi dari negara lain hingga saat ini.

Namun, ada perbedaan mencolok antara kopi ekspor dengan impor kopi yang diterima oleh Indonesia.

Baca juga:

Menurut Dwi, Indonesia mengekspor kopi dalam bentuk biji kopi mentah (green bean), sementara impor kopi yang diterima oleh Indonesia kopi yang sudah disangrai.

"Tentunya ada (impor kopi) tetapi lebih banyak ekspornya sebagai green bean. Kalau buat brand (kopi) tertentu, mereka pembeli green bean dari Indonesia karena kualitasnya luar biasa," jelas Dwi saat ditemui Kompas.com dalam konferensi pers Pasar Kopi, Senin (15/8/2022).

"Kopi Sumatera itu termasuk salah satu terbaik di dunia," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.