Kompas.com - 17/08/2022, 12:11 WIB

KOMPAS.com - Tidak ada salahnya untuk membuat mayones sendiri di rumah dengan bahan simpel. Kamu bisa membuatnya dengan bahan dasar dari telur, minyak, dan cuka atau air perasan lemon. 

Selain itu, kamu bisa mengikuti tips membuat mayones agar tidak berujung gagal atau hasilnya tidak terlalu kental atau encer, seperti yang dilansir dari laman All Recipes

Baca juga:

1. Gunakan telur bersuhu ruangan

Telur menjadi bahan utama membuat mayones. Kamu bisa menggunakan telur bersuhu ruangan agar hasilnya tidak terlalu kental.

2. Tambahkan air perasan jeruk lemon

Tips membuat mayones di rumah selanjutnya adalah gunakan air perasan jeruk lemon untuk membantu memecah protein hingga telur bisa mengemulsi dengan baik.

Ilustrasi mayones.SHUTTERSTOCK/ Tutatamafilm Ilustrasi mayones.

3. Tuang minyak secara perlahan-lahan

Di awal tahap membuat mayones, tuang minyak secara perlahan-lahan. Hal ini untuk memastikan adonan mayones bisa mengental dengan baik.

Kalau tekstur kentalnya sudah sesuai dengan yang diinginkan, tuang minyak sedikit lebih cepat.

Baca juga:

4. Gunakan garam laut

Bumbui mayones rumahan buatanmu dengan menambahkan sedikit garam laut agar rasanya lebih baik.

5. Tambahkan kuning telur

Jika tekstur mayones terasa cair, kamu bisa menambahkan kuning telur dan mengaduknya dengan cepat hingga adonan mengental.

Kalau adonan masih mengental, biarkan hingga genangan air keluar di atas adonan. Ambil dengan sendok dan aduk kembali adonan mayones.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.