Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Kadar Kafein Teh Lebih Tinggi dari Kopi?

Kompas.com - 09/08/2022, 09:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kafein merupakan salah satu senyawa stimulasi yang dapat ditemukan di ragam makanan dan minuman, dua di antaranya yang paling populer yaitu adalah kopi dan teh.

Dikutip dari laman Healthline, efek stimulasi pada kafein dapat bermanfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kewaspadaan, peningkatan kinerja atletik, peningkatan suasana hati, dan peningkatan metabolisme.

Meskipun begitu, kafein yang dikonsumsi oleh manusia tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Department of Agriculture Amerika Serikat (USDA) dan European Food Safety Authority (EFSA) menjelaskan bahwa jumlah asupan kafein yang aman untuk tubuh yaitu 400 miligram per hari.

Apabila tubuh manusia mengonsumsi kadar kafein terlalu tinggi, maka efeknya dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, sulit tidur, serta dapat menyebabkan sakit kepala kronis dan migrain. 

Kandungan kafein pada teh dan kopi bervariasi, ini tergantung pada jenis minuman dan persiapannya.   

Di antara kopi dan teh, benarkah kadar kafein pada teh lebih tinggi?.

Baca juga:

Kadar kafein pada teh dan kopi

Ilusrasi daun teh di acara Jakarta Tea Passport 2022.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilusrasi daun teh di acara Jakarta Tea Passport 2022.

Faktanya, daun teh mengandung tiga koma lima persen kafein, sedangkan biji kopi hanya memiliki satu koma dua hingga dua koma dua persen kafein.

Ini berdasarkan penelitian dalam Journal of Food Sciences  yang berjudul " Determination of Caffeine Content in Tea and Mate by Using Different Methods" oleh Drazenka Komes dkk pada 2009. 

Meskipun begitu, proses pembuatan kopi melibatkan lebih sedikit air, sehingga jumlah kafein yang dihasilkan dari seduhan kopi lebih besar dibanding teh.

Baca juga:

"Teh punya kafein lebih tinggi dibanding kopi kalau diseduh menggunakan cara kopi," kata Juri National Tea Competition 2022 sekaligus founder Teh Nusantara Muhammad Ashfiya saat ditemui oleh Kompas.com saat acara Jakarta Tea Passport pada Minggu (31/7/2022). 

Ashfiya menjelaskan bahwa rasio air yang dibutuhkan untuk menyeduh satu gram bubuk kopi yaitu sekitar 15 mililiter air.

Sementara rasio air untuk satu gram teh yaitu sebanyak 100 mililiter.

"Kafein itu terekstraksi kalau suhunya tinggi, waktu rendamannya lama, serta rasio airnya pekat, dan itu tidak kita lakukan saat menyeduh teh.

Baca juga: 3 Cara Membuat Teh Rempah Hangat, Minuman Detoks Alami

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com