Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Daun Teh agar Aroma dan Rasa Tetap Terjaga

Kompas.com - 12/01/2022, 16:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara menyimpan daun teh berpengaruh pada rasa minuman teh yang dihasilkan. Sebab selain rasa, aroma daun teh juga menjadi keunggulan minuman teh. 

Oleh karena itu, ketahui cara menyimpan daun teh yang baik dan benar. Teh yang disimpan dengan baik penting untuk menjaga kualitas, rasa, dan kelayakan teh.

Lokasi penyimpanan, bahan kemasan, serta penyimpanan daun teh juga patut diperhatikan. 

Baca juga:

1. Pilih lokasi penyimpanan teh

Dikutip dari The Spruce Eats, teh sebaiknya disimpan di tempat yang gelap, dalam kondisi kering, serta jauh dari bahan beraroma kuat.

2. Cermati memilih bahan wadah penyimpanan teh

Pastikan kemasan teh aman digunakan untuk menyimpan makanan, sebaiknya gunakan bahan yang terbuat dari keramik atau logam non reaktif.

Kamu juga bisa menggunakan kemasan berbahan kayu. Namun ada beberapa jenis kayu yang memiliki bau, sehingga dapat mempengaruhi rasa teh. 

3. Cara pengemasan teh

Apabila ingin menyimpan teh dalam jangka waktu yang lama, kemas teh menggunakan lapisan foil atau glassine.

Glassine merupaan zat yang mirip degan kertas lilin, fungsinya dapat menghindari teh terkontaminasi dengan air, udara, maupun minyak.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat menyimpan teh yaitu memastikan bahwa stoples yang digunakan dapat menahan air, sehingga bisa menghindari teh dari kelembapan.

Baca juga:

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com