Kompas.com - 07/08/2022, 18:08 WIB

KOMPAS.com - Ahli teh sekaligus founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri mengatakan bahwa apapun yang dapat diseduh, dikonsumsi, dan cukup kering untuk disimpan lama, maka dapat dijadikan sebagai bahan campuran tea blend.

Akan tetapi kamu perlu mengenal bagaimana cara meracik teh yang benar supaya hasilnya sesuai dengan keinginan.

Apabila kamu masih awam dengan seni meracik teh, simak empat tips meracik teh yang benar untuk pemula dari Ratna berikut ini.

Baca juga:

1. Kenali bahan yang digunakan

Ilustrasi bahan-bahan untuk meracik teh di kelas Tea Blending pada acara Jakarta Tea Passport.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi bahan-bahan untuk meracik teh di kelas Tea Blending pada acara Jakarta Tea Passport.

Setiap bahan racikan teh punya karakter masing-masing, baik dari segi rasa, aroma, dan warna. 

Dikutip dari buku "Tea Blending: Panduan Meracik Teh dengan Bunga, Buah, Herbal, & Rempah" (2022) karya Ratna Somantri terbitan Apopmedia, tea blend yang baik menghasilkan perpaduan aroma dan rasa yang harmonis.

Artinya, rasa teh yang dihasilkan menciptakan satu-kesatuan dan tidak ada yang mendominasi. 

Oleh karena itu penting untuk mengenal bahan-bahan terlebih dahulu supaya racikan cocok dengan basic teh yang digunakan.

"Kalau menggunakan racikan yang fresh,  cocok pakai basic green tea. Kalau mau yang lebih sweet dan spicy seperti rempah, maka cocok pakai basic black tea," kata Ratna saat kelas Tea Blending Jakarta Tea Passport di Lemondishcofish, Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/7/2022).

Baca juga:

2. Siapkan formula

Ilustrasi jasmine tea, black tea, dan green tea di acara Jakarta Tea Passport 2022.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi jasmine tea, black tea, dan green tea di acara Jakarta Tea Passport 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.