Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2022, 18:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ahli teh sekaligus founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri mengatakan bahwa apapun yang dapat diseduh, dikonsumsi, dan cukup kering untuk disimpan lama, maka dapat dijadikan sebagai bahan campuran tea blend.

Akan tetapi kamu perlu mengenal bagaimana cara meracik teh yang benar supaya hasilnya sesuai dengan keinginan.

Apabila kamu masih awam dengan seni meracik teh, simak empat tips meracik teh yang benar untuk pemula dari Ratna berikut ini.

Baca juga:

1. Kenali bahan yang digunakan

Ilustrasi bahan-bahan untuk meracik teh di kelas Tea Blending pada acara Jakarta Tea Passport.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi bahan-bahan untuk meracik teh di kelas Tea Blending pada acara Jakarta Tea Passport.

Setiap bahan racikan teh punya karakter masing-masing, baik dari segi rasa, aroma, dan warna. 

Dikutip dari buku "Tea Blending: Panduan Meracik Teh dengan Bunga, Buah, Herbal, & Rempah" (2022) karya Ratna Somantri terbitan Apopmedia, tea blend yang baik menghasilkan perpaduan aroma dan rasa yang harmonis.

Artinya, rasa teh yang dihasilkan menciptakan satu-kesatuan dan tidak ada yang mendominasi. 

Oleh karena itu penting untuk mengenal bahan-bahan terlebih dahulu supaya racikan cocok dengan basic teh yang digunakan.

"Kalau menggunakan racikan yang fresh,  cocok pakai basic green tea. Kalau mau yang lebih sweet dan spicy seperti rempah, maka cocok pakai basic black tea," kata Ratna saat kelas Tea Blending Jakarta Tea Passport di Lemondishcofish, Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/7/2022).

Baca juga:

2. Siapkan formula

Ilustrasi jasmine tea, black tea, dan green tea di acara Jakarta Tea Passport 2022.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi jasmine tea, black tea, dan green tea di acara Jakarta Tea Passport 2022.

Kamu perlu menyusun formula teh yang akan diracik, setelah mengetahui karakter bahan yang digunakan,

"Tentukan konsep yang akan dibuat dan bikin formulanya, setelah itu campur bahan-bahan menjadi tea blend. Kalau dirasa sudah oke, berarti tea blend-nya sudah bagus," katanya.

Takaran setiap bahan racikan yang digunakan perlu disesuaikan dengan tiga komponen penyusun tea blend, ini disebut juga dengan Tea Blending Triangle. 

Tea Blending Triangle terdiri dari bahan active, supporting, dan catalyst.

Tiga bahan tersebut nantinya berfungsi mempermudah dalam menakar perbandingan masing-masing penyusun teh supaya menghasilkan teh yang bagus. 

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com