Kompas.com - 07/08/2022, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Jakarta Tea Passport 2022, acara pameran teh pertama di Indonesia yang dilakukan secara offline dengan tujuan mengangkat eksistensi teh lokal di Indonesia.

Selain memperkenalkan beragam jenis teh dan brand teh lokal, pameran ini juga menyediakan beberapa kelas khusus untuk pengunjung yang ingin mengasah keterampilan dan ilmu dalam bidang teh.

Adapun kelas yang diadakan seperti kelas meracik teh, kelas mengenali rasa teh, kelas tea pairing, dan tea mixology.

Kompas.com berkesempatan mengukuti salah satu kelas yang diadakan, yaitu kelas meracik teh.

Kelas meracik teh ini mengusung tema "Blend Your Own Tea: Floral Tea Blend" yang langsung dipandu oleh ahli teh sekaligus Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantri.

Kelas meracik teh diadakan pada hari pertama acara pameran teh, yakni pada Sabtu (30/7/2022) di Lemongdishcofee, Kemang, Jakarta Selatan.

Baca juga:

Persiapan alat dan bahan

Kelas meracik teh ini dilakukan secara tertutup dan hanya bisa diikuti oleh jumlah peserta yang terbatas, yakni sekitar 12 orang.

Saat memasuki ruangan kelas, suasana cerah dengan wangi bunga yang semerbak perlahan mulai memenuhi indera penciuman.

Sebelum kelas meracik teh dimulai, setiap peserta akan diberi satu tea kit yang akan digunakan untuk praktik nantinya.

Tea kit tersebut berisi jasmine tea, black tea, red rose petal, dan pink rose bud. 

Dokumentasi Ratna Somantri saat memperkenalkan tiga jenis teh dasar pada kelas tea blending Jakarta Tea Passport.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Dokumentasi Ratna Somantri saat memperkenalkan tiga jenis teh dasar pada kelas tea blending Jakarta Tea Passport.

Tidak hanya, peserta juga dibekali sarung tangan plastik, buku panduan, dan wadah untuk menaruh hasil racikan teh pada sesi akhir kelas. 

Selain tea kit, Ratna juga menyediakan tiga wadah bening berukuran kecil untuk tempat teh yang hendak dicicipi.

Kelas meracik teh dimulai dengan perkenalan seputar tea blending secara umum.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan cara meracik teh, mencicipi tiga jenis teh dasar, perkenalan bahan, dan terakhir peserta diminta meracik teh dari bahan-bahan yang diinginkan.

Baca juga:

Mengenali tiga jenis teh dasar

Sebelum meracik teh, Ratna terlebih dahulu mempraktikkan cara menyeduh teh yang benar dan meminta setiap peserta mencicipi rasa tiga teh dasar, yakni jasmine tea, black tea, dan green tea.

Perkenalan tiga jenis teh dasar ini dilakukan supaya peserta dapat mengenali rasa teh dan punya referensi dasar untuk meracik teh sendiri.

Teh pertama yang diseduh oleh Ratna dan dicicipi oleh peserta yaitu black tea. Pertama-tama, sebanyak empat gram black tea diseduh dengan 400 mililiter air bersuhu 85 derajat Celsius.

"Perbandingan teh dan air yang digunakan untuk setiap jenis teh itu satu banding satu. Artinya setiap satu gram teh, membutuhkan air sebanyak 100 mililiter," kata Ratna saat kelas meracik pada Sabtu (30/7/2022). 

Ratna mengatakan bahwa jenis black tea harus diseduh sekitar tiga sampai lima menit, setelah itu segera pisahkan antara air dan ampas teh. 

Seduhan black tea menghasilkan warna kecoklatan.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Seduhan black tea menghasilkan warna kecoklatan.

Seduhan black tea menghasilkan warna teh yang cenderung kecoklatan, serta rasanya cenderung lebih kuat dan ada sedikit rasa pahit pada bagian akhir.

Selanjutnya Ratna menyeduh jasmine tea, jenis teh ini sepertinya sudah tidak asing di telinga. Aroma melati yang harum dan menenangkan terasa bahkan sebelum teh diseduh.

Takaran untuk menyeduh jasmine tea yaitu empat gram teh, 400 mililiter air bersuhu 80 derajat Celsius dan diseduh selama tiga menit.

Warna teh yang dihasilkan lebih cerah dan nampak kekuningan, aroma melati yang khas pun juga terasa saat air seduhan dipisah dari ampasnya.

Saat dicicipi, jasmine tea punya rasa yang lebih ringan, halus, dan menenangkan dibanding black tea. 

Baca juga:

Seduhan jasmine tea menghasilkan warna kuning cerah dan aroma harum.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Seduhan jasmine tea menghasilkan warna kuning cerah dan aroma harum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.