Kompas.com - 07/08/2022, 17:11 WIB

KOMPAS.com - Menyajikan segelas teh hangat tidak hanya sebatas perkara mencampur bahan teh dengan air.

Akan tetapi juga perihal seni meracik dan memadupadankan aneka bahan agar memperoleh hasil racikan yang diinginkan. Seni meracik teh ini disebut juga dengan tea blending.

Ahli teh sekaligus Founder Indonesia Tea Institute Ratna Somantari mengatakan bahwa apapun yang dapat dikonsumsi dan diseduh seperti teh, maka dapat dikreasikan menjadi tea blend.

"Variasi tea blend itu sangat banyak, pembuatannya tergantung imajinasi dan inovasi yang meraciknya," kata Ratna saat kelas Tea Blending Jakarta Tea Passport di Lemondishcofish, Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/7/2022).

Baca juga:

Lebih lanjut dijelaskan beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat tea blend di antaranya seperti buah, bunga, dan tumbuhan herbal yang dikeringkan.

Menambahkan dari buku "Tea Blending: Panduan Meracik Teh dengan Bunga, Bah, Herbal, & Rempah" (2022) karya Ratna Somantari, eksistensi tea blend saat ini mulai populer di berbagai kalangan.

Hal ini karena teh tidak hanya menarik dari segi minuman kesehatan, tetapi juga menarik dari segi penampilan.

"Kalangan milenial banyak yang menyukai tea blend, karena tampilannya yang menarik dengan aroma, rasa, dan warna yang sesuai selera mereka," katanya.

Baca juga:

Menciptakan konsistensi

Ilustrasi tea blend, racikan teh dari campuran bunga, buah, dan herbal.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi tea blend, racikan teh dari campuran bunga, buah, dan herbal.

Kamu pernah melihat racikan teh yang kerap dipasarkan dalam jumlah besar di pasaran? Teh tersebut termasuk ke dalam produk tea blend.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.