Kompas.com - 09/08/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Teh merupakan salah satu minuman dalam kehidupan sehari-hari. Entah itu teh dalam bentuk bubuk, tea blend, atau teh kemasan pratis seperti teh celup.

Proses menyeduh teh harus dilakukan dengan cara yang benar supaya zat baik yang terkandung di dalam teh tidak hilang.

"Teh yang enak itu nggak pahit, bagaimana caranya menikmati teh kalau rasanya pahit," kata Juri National Tea Competition 2022 sekaligus founder Teh Nusantara Muhammad Ashfiya saat ditemui oleh Kompas.com dalam acara Jakarta Tea Passport pada Minggu (31/7/2022). 

Menurut Ashfiya, teh yang enak itu juga bisa dinikmati baik dari segi rasa, aroma, serta memberi efek yang baik untuk tubuh. Simak tiga cara menyeduh teh yang benar berikut ini:

Baca juga:

1. Pilih teh berkualitas

Teh yang enak dan menyehatkan tubuh berasal dari bahan baku berkualitas. Kamu sebaiknya selektif dalam memilih teh.

"Memilih teh yang bagus itu pertama bisa dilihat langsung dari visualnya, seperti bentuk daunnya masih bagus dan ga rusak," kata Marketing Pasar Teh Ayu Rizki saat ditemui oleh Kompas.com dalam acara Jakarta Tea Passport pada Minggu (31/7/2022).

Ayu mengatakan bahwa penilaian teh bukan hanya berpatokan pada aroma teh karena setiap teh punya aroma berbeda-beda dan tidak bisa dijadikan sebagai standar kulitas teh.

"Kadang ada yang visual tehnya bagus, tapi aromanya ga terlalu bagus," ujar Ayu.

Sehingga penting untuk mengetahui lebih lanjut perihal karakteristik setiap jenis teh yang akan dibeli.

Baca juga:

Ilustrasi bahan teh yang berkualitas dan nampak segar.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilustrasi bahan teh yang berkualitas dan nampak segar.

2. Ikuti aturan seduh

Membuat secangkir teh sepertinya terkesan sederhana dan mudah tetapi di samping itu kamu juga perlu memperhatikan aturan seduh yang benar supaya manfaat teh tidak hilang.

Proses menyeduh teh yang tidak sesuai dengan aturan hasilnya bisa pahit karena terlalu terekstraksi atau bahkan kurang terekstraksi.

Aturan seduh paling umum yaitu satu gram teh diseduh dengan 100 mililiter air. Sementara, suhu dan lama waktu penyeduhan tergantung pada jenis basic tea yang digunakan.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.