Kompas.com - 09/08/2022, 09:32 WIB

KOMPAS.com - Kafein merupakan salah satu senyawa stimulasi yang dapat ditemukan di ragam makanan dan minuman, dua di antaranya yang paling populer yaitu adalah kopi dan teh.

Dikutip dari laman Healthline, efek stimulasi pada kafein dapat bermanfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kewaspadaan, peningkatan kinerja atletik, peningkatan suasana hati, dan peningkatan metabolisme.

Meskipun begitu, kafein yang dikonsumsi oleh manusia tidak boleh berlebihan agar tidak menimbulkan efek buruk bagi tubuh.

Department of Agriculture Amerika Serikat (USDA) dan European Food Safety Authority (EFSA) menjelaskan bahwa jumlah asupan kafein yang aman untuk tubuh yaitu 400 miligram per hari.

Apabila tubuh manusia mengonsumsi kadar kafein terlalu tinggi, maka efeknya dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, sulit tidur, serta dapat menyebabkan sakit kepala kronis dan migrain. 

Kandungan kafein pada teh dan kopi bervariasi, ini tergantung pada jenis minuman dan persiapannya.   

Di antara kopi dan teh, benarkah kadar kafein pada teh lebih tinggi?.

Baca juga:

Kadar kafein pada teh dan kopi

Ilusrasi daun teh di acara Jakarta Tea Passport 2022.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Ilusrasi daun teh di acara Jakarta Tea Passport 2022.

Faktanya, daun teh mengandung tiga koma lima persen kafein, sedangkan biji kopi hanya memiliki satu koma dua hingga dua koma dua persen kafein.

Ini berdasarkan penelitian dalam Journal of Food Sciences  yang berjudul " Determination of Caffeine Content in Tea and Mate by Using Different Methods" oleh Drazenka Komes dkk pada 2009. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.