Kompas.com - 28/01/2022, 20:09 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Seafood merupakan bahan yang lebih enak jika dimasak dalam kondisi segar. Penyajian pun akan lebih nikmati jika dalam keadaan hangat. 

Kendati demikian sebetulnya olahan seafood pun bisa dikirim ke luar kota. Dengan catatan waktu pengirimannya tidak terlampau lama.  

Baca juga:

Pemilik usaha Afterbreak Seafood di Semarang, Hella Ayu kepada Kompas.com menuturkan bahwa ia sudah biasa mengirimkan seafood ke beberapa kota, misalnya Surabaya dan Solo. 

Sejauh ini, seafood tersebut pun aman dan diterima dalam kondisi baik oleh pelanggan. 

Hella menjelaskan bahwa kunci mengirim seafood ke luar kota yakni pada proses pengolahannya. Bukan dari pengiriman atau pengemasan. 

"Sebenarnya bukan pada kemasannya. Kemasan memang penting ya tapi yang lebih penting adalah pengolahannya. Kita tidak punya rahasia apapun tapi kita sampaikan bahwa satu kualitas bahan baku, kedua kualitas masakan, ketiga proses memasak yang benar," tutur Hella pada Sabtu (22/01/2022). 

Ilustrasi seafood bakar terdiri dari kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, dan ikan. SHUTTERSTOCK/SUTULASTOCK Ilustrasi seafood bakar terdiri dari kepiting, kerang, udang, cumi-cumi, dan ikan.

Meski tersebut dua hal tersebut pun cukup penting untuk dipikirkan. Lantas, bagaimana cara mengolah seafood agar aman dikirim ke luar kota? Berikut penjelasannya.  

 

1. Bersihkan dengan benar

Cara memasaknya seafood sebetulnya cukup mudah. Namun beberapa orang kerap kesulitan karena baunya amis.

Menurut penuturan Hella bau amis ini karena seafood tersebut tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karenanya penting untuk membersihkan seafood dengan tepat agar tidak amis dan dapat dikirim ke luar kota. 

"Seafood itu masaknya gampang, tapi banyak orang yang enggak bisa karena bau amis. Bau amis itu disebabkan oleh cara bersihiinnya yang enggak bener," tutur Hella. 

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.