Kompas.com - 28/01/2022, 18:03 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Makanan berkuah pedas cocok disantap saat cuaca dingin dan hujan. Sajian ini bisa bantu menghangatkan badan. 

Ada banyak resep masakan berkuah pedas yang bisa dicoba. Resepnya pun tidak hanya masakan Indonesia, ada pula beberapa makanan Korea hingga Thailand. 

Baca juga:

Berikut 15 resep masakan berkuah pedas yang cocok disajikan saat hujan.

Seblak kuah pedas jeletot khas Bandung ala Sajian Sedap. DOK. SAJIAN SEDAP Seblak kuah pedas jeletot khas Bandung ala Sajian Sedap.

1. Seblak kuah

Seblak kuah merupakan salah satu sajian yang cocok dinikmati saat dingin. Sajian ini bisa dikreasikan dengan berbagai macam isian, seperti makaroni, sosis, bakso, hingga ceker. 

Bumbu utamanya hanya cabai, bawang putih, dan kencur. Untuk cabainya silakan tambahkan sesuai selera. 

Baca juga:

2. Ramyeon Kuah Pedas

Ramyeon atau ramyun adalah mi instan khas Korea Selatan yang bisa dimasak dengan kuah pedas. Sajian ini cocok disantap saat dingin. 

Untuk membuatnya cukup masak ramyun instan lalu tambahkan daun bawang dan telur. Jika punya gochujang dan gochugaru kamu pun boleh menambahkannya. 

Baca juga:

3. Baso Aci

Ilustrasi bakso aci khas Jawa Barat. SHUTTERSTOCK/SITI MUTMAINAH Ilustrasi bakso aci khas Jawa Barat.

Baco aci berisi cilok kanji, cilung, pilus, dan cuanki. Makanan ini bisa dihidangkan dengan kuah pedas yang segar. 

Untuk membuat kuahnya, cukup gunakan kaldu sapi, tetelan, dan aneka daun aromatik. Racikan bumbunya terdiri dari cabai, bawang putih, bawang merah, dan sedikit kunyit. 

Baca juga:

4. Mi tom yum

Tom yum adalah sup khas Thailand yang bercita rasa asam pedas. Sup ini bisa dikreasikan dengan beragam isian, salah satunya mi. 

Racikan kuahnya yang khas pas dinikmati saat dingin. Karena menggunakan banyak daun aromatik, kuah tom yam ini pun punya aroma khas yang bisa membangkitkan selera makan. 

Baca juga:

Beberapa bumbu yang digunakan di antaranya adalah lengkuas, daun ketumbar, terasi, dan cabai. 

5. Laksa khas Penang

Laksa khas Penang bercita rasa asam pedas. Isiannya biasanya memakai aneka seafood seperti udang dan cumi. 

Sementara, racikan bumbunya terdiri dari berbagai rempah dan daun aromatik. Ada daun kari, terasi, serai, jahe, dan bunga kecombrang.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.