Kompas.com - 23/01/2022, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Roti Sobek merupakan camilan yang mudah ditemui. Kamu bisa membelinya di toko roti, minimarket atau toko kelontong dekat rumah.

Cara membuat roti sobek sebenarnya mudah. Kamu bisa mengikuti cara bikin roti sobek ini agar hasilnya memiliki kulit mulus, mengembang, dan lembut saat dinikmati.

1. Perhatikan penggunaan suhu oven

Dihubungi oleh Kompas.com, Tamia Pratiwi selaku pemilik toko roti sobek online, Teras Rumahku di Surabaya memberika tips membuat roti sobek yang permukaan kulitnya mulus.

Menurutnya, penggunaan suhu oven penting untuk diperhatikan saat akan memanggang adonan roti sobek.

Dari pengalamannya, memanggang adonan roti sobek berukuran besar membutuhkan suhu oven yang berbeda dengan adonan roti sobek berukuran kecil.

Baca juga:

“Kalau dari pengalaman saya, itu tergantung dari ukuran adonannya. Saya jual roti sobek yang ukurannya lumayan besar. Suhu saat memanggang yang digunakan itu tidak terlalu tinggi.” jelasnya kepada Kompas.com pada Jumat (21/01/2022).

“Jadi, suhunya lebih rendah dibandingkan dengan suhu oven yang digunakan untuk memanggang roti-roti di Mall yang berukuran kecil” imbuhnya.

Dalam penuturannya, penggunaan suhu oven yang salah bisa membuat roti sobek menciut saat dikeluarkan dari oven.

2. Proofing adonan

Menurut Tami, proofing time juga penting untuk diperhatikan agar hasil roti sobek tidak kempis setelah dipanggang.

Proofing time itu juga perlu diperhatikan. Tapi ini menurut saya harus trial and error. Harus disesuaikan juga dengan merek raginya.” ungkapnya.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.