Kenapa Adonan Roti Tawar Tidak Mengembang? Hindari 8 Kesalahan Berikut...

Kompas.com - 09/06/2020, 07:17 WIB
Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam. PIXABAY/ZWODRAIlustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam.

KOMPAS.com - Bikin roti tawar sendiri di rumah rupanya cukup mudah, bahkan tanpa pakai oven. Kamu bisa membuat roti tawar menggunakan panci besi tebal.

Baca juga: Resep Roti Tawar Tanpa Oven, Cukup Pakai Panci

Bahan yang diperlukan hanya tepung, ragi kering, dan air hangat. Semua bahan dicampur, diuleni, dibiarkan hingga mengembang, barulah dipanggang.

Namun, tak jarang adonan roti tak mengembang. Sehingga tidak jadi menikmati roti tawar buatan sendiri.

Supaya adonan roti tawar mengembang sempurna, hindari 8 kesalahan berikut, dilansir dari Taste of Home.

1. Ragi kering sudah lama disimpan

Kalau pakai ragi kering yang terlalu lama maka adonan roti tidak akan mengembang.

Sebaiknya pakai ragi kering yang masih baru beli, jangan pakai yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa atau terlalu lama disimpan.

Sebelum mencampur ragi kering dengan tepung, periksa dulu apakah ragi masih aktif atau tidak.

Caranya, campurkan 1 saset ragi kering dengan 1/2 cup air hangat dan 1 sdt gula. Aduk sebentar. Tunggu selama 5-10 menit.

Bila setelah didiamkan muncul banyak gelembung, artinya ragi masih aktif. Sebaliknya, tak muncul cukup banyak gelembung maka ragi sudah tak dapat dipakai.

Itulah mengapa pada hampir setiap resep yang membutuhkan ragi kering seperti roti tawar, ada proses mencampur dan mendiamkan ragi kering plus air hangat.

Adonan rotiShutterstock Adonan roti

2. Air terlalu panas

Saat proses membuktikan keaktifan ragi kering, seharusnya pakai air hangat dengan suhu 40-46 derajat celsius.

Kalau pakai air dengan suhu di atas 46 derajat celsius alias terlalu panas, hal itu akan mematikan ragi dan tidak bisa membuat adonan mengembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X