Kompas.com - 13/10/2021, 12:27 WIB
Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam. PIXABAY/ZWODRAIlustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam.

KOMPAS.com - Ragi adalah salah satu komponen penting dalam membuat roti. Menurut Tasteofhome.com, ragi adalah makhluk hidup yang juga membutuhkan makan agar hidup.

Berdasarkan Finecooking.com, ragi merupakan mikroorganisme sel tunggal yang masih berkaitan dengan jamur.

Terdapat sekitar 1.500 spesies ragi tetapi hanya satu spesies yang digunakan di dapur yaitu Saccharomyces cerevisiae. Secara harfiah, artinya adalah jamur pemakan gula.

Pasalnya, ragi harus makan gula untuk tetap hidup atau aktif. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk membuat adonan roti mengembang.

Baca juga:

Ilustrasi ragi kering yang sedang diaktifkan. SHUTTERSTOCK/ Yulia.Panova Ilustrasi ragi kering yang sedang diaktifkan.

Jenis ragi

Ragi kue, ragi kering instan, dan ragi instan adalah tiga jenis ragi yang tersedia di pasaran dan kerap dijadikan bahan bikin makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ragi kue atau kerap disebut ragi segar mempunyai bentuk padat. Ragi padat mempunyai kemampuan mengembangkan adonan roti yang terbilang cepat.

Kelebihan lainnya adalah ragi ini memberikan sentuhan rasa manis alami pada roti. Namun, ragi padat mudah rusak, hanya bertahan hingga dua minggu di dalam kulkas.

Sementara itu ragi kering instan berbentuk butiran kasar yang tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

Cara mengaktifkan ragi kering adalah mencampurnya dengan air hangat bersuhu 40 derajat celsius dan sejumput gula. Gula berfungsi untuk memberi makan untuk ragi.

Ada lagi ragi instan yang merupakan bentuk lebih sederhana dari ragi kering instan. Ragi instan bisa tambahkan langsung ke dalam adonan roti tanpa perlu direndam air hangat dan gula.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.