Kompas.com - 16/01/2022, 12:06 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Kerupuk renyah yang bisa jadi lauk makan atau camilan. Kunci menggoreng kerupuk yang mengembang yakni memakai minyak banyak. 

Di luar daripada itu sebetulnya kerupuk bisa digoreng tanpa minyak, yakni menggunakan pasir dan microwave. Lantas, seperti apa cara menggoreng kerupuk tanpa minyak ini?

Berikut penjelasan ringkasnya melansir dari "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2012) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher. 

Baca juga:

1. Pilih kerupuk yang bagus 

Sebelum menggoreng, pastikan untuk memilih kerupuk yang bagus agar mekar dan tidak bantat. Ciri kerupuk yang bagus yakni tidak tengik atau apek. 

Ilustrasi kerupuk ikan. Dok. Asian Inspiration Ilustrasi kerupuk ikan.

2. Goreng dengan pasir 

Salah satu cara menggoreng kerupuk tanpa minyak yakni dengan memakai pasir. Namun tak semua kerupuk cocok digoreng dengan metode ini, sebab rasa dan bahannya berbeda-beda. 

Baca juga:

Cara menggoreng kerupuk pakai pasir cukup simpel. Untuk menggorengnya, cuci pasir terlebih dulu sampai bersih lalu panaskan di atas wajan tanah liat. 

Setelah benar-benar panas, masukkan kerupuk dan aduk berulang kali sampai matang dan mengembang sempurna.

Jika sudah, pasir untuk menggoreng kerupuk jangan dibuang. Lebih baik disimpan untuk digunakan lain waktu. 

Ilustrasi kerupuk udang kanji.Dok. Sajian Sedap Ilustrasi kerupuk udang kanji.

3. Gunakan microwave

Kalau dirasa memakai pasir cukup merepotkan, maka kamu dapat menggoreng kerupuk memakai microwave. 

Caranya, atur kerupuk di dalam microwave dan beri jarak satu dengan lainnya. Kemudian panggang di suhu sekitar 60 derajat hingga beberapa detik sampai kerupuk mengembang.

Baca juga: Resep Kerupuk Ikan, untuk Makan Kerupuk Bersama Keluarga di Rumah

Buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2012) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.