Kompas.com - 27/04/2021, 03:07 WIB

KOMPAS.com - Gigit kerupuk yang alot bagaikan diberi harapan yang sia-sia. Banyak orang memilih membuang kerupuk saat sudah alot.

Namun, kerupuk alot sebenarnya masih bisa diselamatkan dari tiga cara berikut ini. Mengolah kembali kerupuk yang sudah alot, otomatis mengurangi limbah makanan.

Berikut tiga cara membuat kerupuk alot jadi garing kembali dari Sajian Sedap. 

Baca juga: Cara Masak Kerupuk Seblak agar Tidak Keras dan Lembek

1. Jemur kerupuk yang alot

Menjemur kerupuk alot dapat membuatnya garing lagi. Jemur layaknya menjemur kerupuk yang belum digoreng. Tata di nampan, jangan sampai kerupuk bertumpuk.

Kemudian, jemur kerupuk di lokasi yang terkena sinar matahari langsung. Jemur dari pagi sampai sore, kemudian angkat. Pastikan jemur di tempat yang bersih. 

2. Panggang kerupuk

Cara lain adalah langsung memanggang kerupuk alot di oven atau microwave, tidak butuh waktu lama hanya butuh lima menit.

Cara ini terlampau lebih higienis ketimbang jemur kerupuk.

Baca juga: Resep Kerupuk Gendar dari Nasi Sisa, Tanpa Garam Bleng dan Penyedap

3. Masukkan kulkas

Cara ini tak kalah praktis, yaitu memasukkan kerupuk alot ke dalam kulkas.

Tidak cuma kerupuk, kamu bisa melakukan ini untuk kerupuk jenis kemplang, getas, atau kuku macan yang terkenal padat isiannya.

Cukup simpan kerupuk di wadah dengan stoples bertutup, lalu diamkan di kulkas.

Apabila kamu kurang sabar menunggu kerupuk garing lagi dengan cara di atas, ceburkan saja kerupuk ke kuah seblak agar tidak terbuang sia-sia.

Baca juga: 12 Ragam Kerupuk Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.