12 Ragam Kerupuk Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Kompas.com - 17/08/2020, 19:09 WIB
ilustrasi kerupuk shutterstock/Ariyani Tedjoilustrasi kerupuk


KOMPAS.com – Kerupuk telah lama jadi bagian penting dalam kuliner Indonesia. Banyak yang bilang, jika makan tak pakai kerupuk rasanya kurang nikmat.

Saking populernya kerupuk di Indonesia, kamu bisa dengan mudah menemukan kerupuk di mana saja. Dari meja makan di rumah, warteg sederhana, hingga restoran mewah.

Baca juga: Kenapa Ada Lomba Makan Kerupuk saat 17 Agustus?

Kerupuk juga jadi elemen wajib dalam lomba makan kerupuk setiap perayaan 17 Agustus.

Jenis kerupuk di Indonesia juga sangat beraneka ragam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis kerupuk masing-masing yang khas.

Berikut ini aneka ragam kerupuk di Indonesia dilansir dari berbagai sumber:

1. Kerupuk bawang

Seperti namanya, kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka dan campuran bawang putih. Kerupuk ini punya rasa dan aroma yang khas dengan rasa gurih yang nikmat.

Kerupuk ini mungkin sering kamu temukan jadi pendamping makan nasi goreng kaki lima. Bentuknya bulat kecil, biasanya punya warna putih dengan bagian sisi warna warni.

Ilustrasi kerupuk rambak mentah yang jadi bahan sambal goreng krecekShutterstock/hilmawan nurhatmadi Ilustrasi kerupuk rambak mentah yang jadi bahan sambal goreng krecek

2. Kerupuk kulit

Sesuai namanya, kerupuk ini terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Kulit yang sudah bersih kemudian digoreng, dijemur sampai kering, lalu diberi bumbu dan digoreng.

Kerupuk kulit sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Punya tekstur yang sangat renyah dan tebal, dengan rasa gurih yang khas. Kerupuk ini kerap diberi bumbu tambahan seperti bumbu rasa pedas.

Baca juga: Resep Sambal Goreng Krecek Yogyakarta, Olahan Kerupuk Kulit Sapi

Kerupuk ini juga dikenal sebagai kerupuk rambak. Selain dinikmati sebagai camilan, kerupuk kulit juga bisa diolah jadi hidangan lain. Salah satunya adalah diolah jadi krecek khas Yogyakarta.

Ilustrasi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi. SHUTTERSTOCK/FIDIA HELIANTI Ilustrasi kerupuk gendar yang terbuat dari nasi.

3. Kerupuk gendar

Kerupuk gendar terbuat dari adonan nasi yang dibumbui aneka rempah sehingga rasanya sangat gurih, dengan tekstur renyah.

Nasi dihaluskan dan diberi bumbu, lalu ditumbuk hingga padat dan digiling sampai tipis. Adonan tersebut kemudian dijemur, lalu digoreng jadi kerupuk.

Kerupuk ini juga mudah dibuat di rumah, karena bisa untuk memanfaatkan nasi sisa. Rasanya gurih dan cocok dinikmati sebagai pendamping aneka makanan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X