Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hal yang Harus Dimiliki Barista Pemula, Tips dari Profesional

Kompas.com - 10/11/2021, 16:02 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Barista menjadi profesi yang banyak dibutuhkan seiring dengan menjamurnya kedai kopi di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Barista umumnya memiliki tugas untuk membuat minuman, khususnya aneka jenis kopi, yang banyak dijual di kedai kopi.

Menurut barista sekaligus Store Manager Canabeans, Ribut Wahyudi, barista dianggap menjadi sebuah profesi keren yang sedang banyak diminati oleh anak muda.

"Ada yang mau gaya-gayaan (karena) keren jadi barista. Peminatnya juga banyak apalagi Timur Tengah lagi tinggi-tingginya demand-nya," kata Wahyudi saat ditemui langsung di Canabeans, Selasa (9/11/2021).

Wahyudi mengatakan, peminat profesi barista datang dari beragam orang dengan latar pendidikan berbeda.

"Bahkan ada anak-anak kuliah jurusan lain, contoh nih ambil teknik, IT, lalu masuk (industei makan dan minuman) F&B, masuk coffee shop," pungkasnya.

Menurut Wahyudi yang sudah menekuni profesi barista sejak 2007 lalu, ada dua hal penting yang harus diperhatikan oleh semua barista pemula, seperti berikut ini.

Baca juga:

1. Mental

"Modalnya yang paling penting itu mental karena masuk dunia F&B, apalagi kalau coffee shop itu ketika gak ada mental nanti malah jadi pendekar kopi," ujar Wahyudi.

Pendekar kopi merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan barista dengan pengalaman tidak terlalu lama namun kerap membandingkan satu kopi dengan kopi lainnya.

Cara menghindari istilah pendekar kopi, Wahyudi menyarankan sebaiknya siapkan mental yang kuat dan baik sebelum memasuki dapur kopi.

"Saya menangkapnya semua orang itu pernah jadi pendekar kopi. Alasannya karena dia lagi excited banget nih ya, lagi sangat menyukai kopi tapi salah, " Kata Wahyudi.

Dulu saya juga pernah seperti itu tapi tidak sejauh itu, kita hanya cobain terus hanya evaluasi apa sih salahnya?" pungkasnya. 

Baca juga:

2. Ikut kursus

Ada dua cara menjadi barista pemula yang bisa dilakukan, yaitu otodidak atau mengikuti kursus barista.

Wahyudi mengatakan, mengikuti kursus barista dapat membantu seorang calon barista bisa memahami standar pekerjaannya.

"Kebanyakan yang otodidak itu belajar dulu dari yang salah terus banyak eksperimen, sebenarnya tidak salah tetapi kalau dia tahu standarnya gimana, ya itu harus kita pelajari," ujar Wahyudi.

Sebab, menurut Wahyudi, calon barista atau seorang barista pemula harus belajar perlahan dan menyeluruh hingga benar-benar paham.

"Baiknya sih ikut kursus yang sudah certified biar nantinya, misalnya jadi barista, paham bikin A. Kebanyakan barista kan A-nya belum selesai, dia pindah ke B, B-nya belum 100 persen dia pindah ke C," kata Wahyudi.

Baca juga:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com