Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Simpan Paprika Bubuk agar Awet dan Tidak Gumpal

Kompas.com - 08/10/2021, 19:01 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Paprika bubuk dapat menjadi bahan pengganti cabai bubuk. Terutama jika kamu menginginkan rasa pedas yang lebih ringan. 

Sama seperti bumbu serbuk kebanyakan, paprika bubuk juga rentan mengumpal jika tak disimpan dengan benar. 

Melansir dari The Spruce Eats dan Master Class berikut cara menyimpan paprika bubuk supaya tahan lama. Tips ini pun dapat dipraktikkan pada bumbu bubuk lainnya, seperti cabai bubuk atau bawang putih bubuk. 

Baca juga:

1. Simpan dalam kaleng

Ilustrasi paprika bubuk. PEXELS/ Karolina Grabowska Ilustrasi paprika bubuk.

Semua jenis paprika bubuk harus disimpan dalam wadah kedap udara agar tidak menggumpal. 

Alih-alih menyimpannya dalam stoples kaca bening, lebih baik jika paprika bubuk ditempatkan dalam kaleng logam. Sebab, paparan sinar matahari dapat menembus stoples sehingga mengurangi masa simpannya. 

2. Letakkan di laci dapur 

Kaleng berisi paprika bubuk dapat ditempatkan di laci dapur. Pastikan area tersebut cukup kering, sejuk, dan gelap supaya paprika bubuk tahan lama. 

Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur. PEXELS/ Monicore Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur.

3. Simpan di lemari es 

Guna memperpanjang masa simpannya, kaleng paprika bubuk pun dapat disimpan di lemari es. Namun pastikan wadahnya selalu kering dan tertutup rapat agar paprika bubuk tidak cepat menggumpal. 

Baca juga:

Paprika bubuk yang disimpan dengan benar dapat digunakan hingga enam bulan ke depan. Meski demikian bumbu ini akan berpotensi kehilangan rasa dan aromanya seiring bertambahnya masa simpannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com