Kompas.com - 25/09/2021, 16:03 WIB
ilustrasi pempek lenjer. SHUTTERSTOCK/Edgunnilustrasi pempek lenjer.

KOMPAS.com - Pempek adalah makanan khas Palembang terbuat dari ikan salah satunya tenggiri. Bentuk pempek beragam, lenjer atau memanjang misalnya.

Pempek khas Palembang mempunyai tekstur padat di luar tetapi ketika digigit terasa lembut, tidak membuat gigi sakit ketika mengunyah.

Cara membuat pempek ikan tenggiri asli Palembang tertera dalam buku "Resep Autentik Pempek Palembang & Masakan Khas Wong Kito" oleh Chef Gerry Rudy terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep pempek ikan tenggiri asli Palembang

Bahan pempek

  • 500 gram ikan tenggiri
  • 300 gram air
  • 5 gram gula pasir
  • 25 gram garam
  • 5 gram penyedap rasa
  • 350 gram tepung sagu

Baca juga:

Cara membuat ikan tenggiri asli Palembang

  1. Campur rata ikan tenggiri halus dan air menggunakan tangan. Masukkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa. Campur rata sampai adonan agak mengental.
  2. Masukkan tepung sagu ke dalam adonan. Campur perlahan menggunakan tangan, jangan diaduk terlalu keras.
  3. Bagi adonan menjadi masing-masing 150 gram untuk lenjer besar atau 25 gram untuk lenjer kecil. Bentuk seperti silinder.
  4. Rebus pempek dengan api sedang sampai mengapung dan permukaannya licin. Angkat dan tiriskan. Sajikan pempek dengan cuko.

Baca juga:

Buku "Resep Autentik Pempek Palembang & Masakan Khas Wong Kito" oleh Chef Gerry Rudy terbitan Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.