Kompas.com - 06/06/2021, 14:13 WIB
ilustrasi pempek dengan cuko. SHUTTERSTOCK/Ketut Mahendriilustrasi pempek dengan cuko.

KOMPAS.com - Pempek biasanya disajikan bersama cuko. Cuko merupakan kuah pempek yang berwarna hitam dan memiliki rasa masam saat dimakan.

Cuko terbuat dari campuran bahan manis dan asam, seperti gula merah, cuka, asam jawa, dan bumbu penyedap.

Perbandingan bahan-bahan pembuatan cuko tersebut harus sesuai dengan resep. Jika tidak,  kemungkinan cuko yang dihasilkan akan bercita rasa terlalu manis atau justru terlalu masam.

Jika kamu ingin membuat cuko, coba simak tiga tips membuat cuko pempek yang kental dan enak dari Executive Chef Novotel Palembang Setiyo Cahyono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Resep Cuko Pempek Asli Palembang, Rasanya Otentik

1. Tambahkan asam jawa

Kalau kamu tidak suka cuka, bisa tambah atau ganti kandungan cuka dalam kuah pempek dengan asam jawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi kalau asam jawa kan dia gak akan merusak ke gigi, kalau pakai cuka otomatis kan lebih kuat pengaruhnya, tapi kalau asam jawa lebih natural untuk penggunaannya," kata Setiyo.

Baca juga: Mengenal 9 Jenis Pempek Palembang, Bukan Cuma Kapal Selam

2. Perbandingan yang sesuai

Cuko yang enak bisa didapatkan melalui penggunaan bahan-bahan yang sesuai dengan takarannya.

Perbandingan yang tepat dalam pembuatan cuko dimulai dari penggunaan gula merah yang lebih banyak dibandingkan bahan lainnya, serta diikuti cuka dan asam jawa.

Menurut Setiyo, kedua bahan lainnya, yaitu asam jawa dan cuka merupakan pendukung rasa masam sehingga tidak perlu dipakai dalam jumlah banyak.

Baca juga: Resep Pempek Dos Lembut Isi Telur, Pempek Tanpa Ikan yang Ekonomis

3. Pakai gula merah khas Palembang

Bahan baku untuk membuat cuko adalah gula merah. Setiyo menuturkan bahwa jenis gula merah yang digunakan berpengaruh terhadap warna dan rasa cuko.

"Kalau misalnya kita di luar Palembang, penggunaan gula-gula di produk ini hasilnya pasti beda. Dari karakter gulanya tuh beda banget," ujar Setiyo.

Gula jawa, misalnya. Dibandingkan gula merah jawa, gula khas Palembang memiliki warna yang lebih pekat serta rasa manis yang lebih dari pada gula merah khas Palembang.

Tidak heran jika para pedagang pempek di luar Palembang akan memesan gula merah langsung dari Palembang demi kualitas cuko yang enak.

Baca juga: Resep Pempek Palembang dari Kompetisi Kangen Masakan Kampungku



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X