Kompas.com - 24/12/2020, 19:50 WIB
Ilustrasi ayam kodok spesial Natal di Indonesia. Ayam isi campuran daging ayam dan rempah. SHUTTERSTOCK/IKA RAHMA HIlustrasi ayam kodok spesial Natal di Indonesia. Ayam isi campuran daging ayam dan rempah.

KOMPAS.comMakanan natal di Indonesia biasanya berupa lauk-pauk seperti ikan dan ayam. Berbeda dengan makanan Natal di luar negeri yang kebanyakan berupa hidangan manis.

Namun, ada juga kue seperti nastar dan klappetaart khas Manado. Berikut ini 15 makanan Natal yang disajikan di Indonesia.

Baca juga: Serba-serbi Makanan Natal

1. Klappertaart

Ilustrasi resep klappertartSHUTTERSTOCK/IKA RAHMA Ilustrasi resep klappertart

Makanan khas Manado yang biasa disajikan saat Natal yaitu klappetaart. Klappetaart adalah kue manis yang bisa disantap sehabis makan besar sebagai hidangan penutup.

Kue manis ini terbuat dari daging kelapa, susu, telur, tepung dan mentega yang dipanggang. Konon klappetaart merupakan makanan tradisional yang terpengaruh dari Belanda.

Baca juga: Resep Klapertart Klasik Khas Manado Lembut yang Mudah Dibuat

2. Nastar

Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas. SHUTTERSTOCK/ARIS SETYA Ilustrasi nastar, kue khas Lebaran di Indonesia. Nastar berisi selai nanas.
Nastar adalah kue kering yang sudah sangat dikenal di Indonesia sebagai kue yang disajikan untuk perayaan hari istimewa, termasuk Natal.

Siapa sih yang tidak kenal dengan nastar ini? Kue kering dengan isian selai nanas dan tampilan warnanya kuning menggoda.

Baca juga: Resep Nastar Teflon Anti Gagal, Cukup untuk 1 Stoples

3. Poffertjes

Ilustrasi poffertjes. Dok. Shutterstock/Irene van der Meijs Ilustrasi poffertjes.
Kue poffertjes jadi makanan natal yang biasanya disajikan saat natal pertama sebagai sarapan. Kue ini merupakan kue khas Ambon.

Kue tradisional Ambon ini dibuat dari campuran adonan tepung dan labu kuning, bentuknya mirip dengan pancake tetapi dengan ukuran lebih kecil.

Baca juga: Resep Poffertjes, Pancake Bola ala Belanda

4. Babi panggang karo

Di daerah Sumatera Utara, makanan natal yang jadi hidangan istimewanya yaitu babi panggang.

Babi dipanggang dengan bumbu serai, bawang putih dan kecap kemudian disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil.

Babi panggang karo disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari darah babi yang sudah dibumbui dan dimasak di atas bara api.

5. Kue bagea

Kue Bagea, kue tradisional Maluku berbahan dasar sagu Kue Bagea, kue tradisional Maluku berbahan dasar sagu
Kue Bagea merupakan makanan Natal khas dari NTT dan daerah Maluku. Bagea biasanya berbentuk bulat dengan warna putih pucat.

Bahan dasarnya dari campuran tepung sagu, gula, minyak, biji cintang, terigu, dan rempah berupa bubuk kayu manis dan bubuk cengkeh.

6. Babi guling

Di Bali, babi guling menjadi makanan khas Natal yang sudah menjadi tradisi warga setempat yang merayakannya. Di daerah Manado, babi guling juga jadi santapan saat natal.

Babi dimasak di atas bara api selama berjam-jam sampai matang, dan diputar atau diguling agar matang merata.

7. Sup brenebon

Ilustrasi sup kacang merah daging sapi. SHUTTERSTOCK/ERLY DAMAYANTI Ilustrasi sup kacang merah daging sapi.

Sup brenebon adalah sup untuk sajian Natal khas Manado. Sup ini berisi iga sapi dan kacang merah yang disiram kuah hangat.

Baca juga: Resep Sup Kacang Merah Manado, Sarapan Rendah Lemak Tetap Enak

8. Ayam rica-rica

Ilustrasi ayam panggang bumbu rica-rica.Shutterstock/hansen bonatua Ilustrasi ayam panggang bumbu rica-rica.

Ayam rica-rica selain terkenal untuk hidangan lauk sehari-hari, juga merupakan makanan Natal terutama di Manado.

Ayam dimasak bumbu merah dengan rasa pedas. Ayam rica-rica dinikmati dengan nasi hangat dan minuman segar.

Baca juga: Cara Masak Ayam Pedas Rica-rica, Coba Panggang Saja

9. Ikan bumbu kuning

Ikan bumbu kuning juga disajikan saat Natal di daerah Ambon.

Hidangan ini menggunakan ikan tuna atau ikan muba yang dimasak dengan rempah dan bumbu kuning dari kunyit dan bumbu lainnya. Ikan bumbu kuning kemudian disantap dengan papeda.

10. Selat Solo

Ilustrasi selat solo.Dok. Shutterstock Ilustrasi selat solo.
Perayaan Natal di Solo juga ada makanan natalnya sendiri, yaitu selat solo. Selat solo adalah hidangan bistik khas Solo dengan pengaruh Eropa.

Bentuknya persis seperti hidangan steak daging lengkap dengan sayuran dan kentang, tetapi ditambahkan sedikit kuah encer.

Baca juga: Resep Selat Solo Istimewa, Bisa Jadi Hampers Natal

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X