Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Sandwich Hong Kong, Pakai Scrambled Egg dan Roti Susu

Kompas.com - 13/05/2024, 09:13 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sandwich ala Hong Kong umumnya disajikan di cha chaan teng (tea restaurant atau restoran teh). Jenis sandwich ini terdiri dari isian telur orak arik atau scrambled egg, dan dilapisi dengan roti susu.

Tips membuat scrambled egg yaitu ada pada penambahan maizena (tepung jagung) ke dalam kocokan telur supaya teksturnya lebih lembut.

Hidangan sandwich khas Hong Kong ini bisa jadi andalan untuk disantap saat sarapan. Simak cara membuat sandwich Hong Kong selengkapnya dilansir dari laman Food Network, Senin (13/5/2024), berikut.

Baca juga:

Resep sandwich Hong Kong

Bahan sandwich Hong Kong

  • 2 sdm mentega tawar (suhu ruang)
  • 4 potong roti susu
  • 4 potong daging iris
  • 1 sdt tepung maizena
  • 1 sdt gula
  • 6 butir telur besar
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk 
  • 4 sdt minyak sayur
  • Garam secukupnya

Baca juga:

Cara membuat sandwich Hong Kong:

  1. Oles ½ sendok makan mentega ke setiap sisi roti, kemudian panggang roti di atas wajan antilengket sekitar tiga menit hingga permukaan roti berwarna keemasan.
  2. Goreng daging di atas wajan anti lengket menggunakan api sedang hingga berwarna kecoklatan dan garing sekitar tiga menit. Ulangi langkah serupa hingga kedua sisi daging matang, kemudian sisihkan.
  3. Di wadah terpisah, pisahkan maizena menjadi dua bagian, lalu aduk masing-masing bagian dengan satu sendok makan air dingin. 
  4. Masukkan gula, telur, dan kaldu ayam ke dalam setiap mangkuk, lalu kocok sebentar hingga merata. Setelah itu tambahkan satu sendok teh minyak dan ¼ sendok teh garam ke setiap mangkuk, aduk kembali hingga merata.
  5. Masukkan satu sendok teh minyak ke dalam wajan antilengket yang sudah dipanaskan, kemudian tuang satu bagian kocokan dan masak hingga berbentuk scrambled. Lakukan langkah serupa untuk bagian telur lainnya.
  6. Susun daging dan telur di atas roti, kemudian sajikan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com