Kompas.com - 24/12/2020, 19:35 WIB
Ilustrasi kalkun panggang, makanan khas Natal di Amerika Serikat. SHUTTERSTOCK/SUBBOTINA ANNAIlustrasi kalkun panggang, makanan khas Natal di Amerika Serikat.

KOMPAS.com – Natal akan tiba, di berbagai negara sudah terasa persiapannya, mulai dari dekorasi sampai makanannya.

Setiap negara sendiri punya makanan khas Natal masing-masing. Berikut ini 15 makanan khas Natal dari berbagai negara.

Baca juga: Serba-serbi Makanan Natal

1. Kurimasu keki (Jepang)

Orang Jepang menyebutnya dengan Kurimasu keki yang memiliki arti kue natal, merupakan sponge cake dengan hiasan krim bernuansa putih.

Bagian dalam kue ini diberi lapisan krim dan buah stroberi. Kue kemudian ditutup dengan krim putih dan dihias dengan tema natal.

2. Coquilles Saint Jacques (Perancis)

Ilustrasi Coquilles Saint Jacques, scallop atau kerang kampak jadi sajian Natal khas Perancis. SHUTTERSTOCK/NCPHOTOGRAPHE Ilustrasi Coquilles Saint Jacques, scallop atau kerang kampak jadi sajian Natal khas Perancis.

Di Perancis, ada masakan dari olahan seafood yang jadi makanan khas Natal negara ini, yaitu Coquilles Saint Jacques.

Makanan ini dibuat dari scallop yang dimasak dengan rempah-rempah serta keju. Scallop kemudian disajikan di atas cangkang kerang sebagai wadahnya. Masakan dari scallop ini biasa disantap dengan spaghetti.

Baca juga: Cara Masak Scallop atau Kerang Kampak, dari Bersihkan sampai Teknik Masak

3. Risalamande (Denmark)

puding nasiPIXABAY/BERNADETTEWURZINGER puding nasi

Risalamande dari Denmark adalah hidangan penutup berupa puding nasi yang sangat terkenal sebagai hidangan Natal.

Puding ini terbuat dari campuran beras, air, dan gula. Kemudian puding nasi ini dicampur dengan whipped cream, almond serta selai ceri. Selai ceri memberi rasa manis khas yang alami untuk risalamande.

4. Stollen (Jerman)

Ilustrasi Stollen, kue khas Natal di Jerman. SHUTTERSTOCK/ANNA_PUSTYNNIKOVA Ilustrasi Stollen, kue khas Natal di Jerman.

Dikenal juga dengan nama stollen cake, adalah hidangan roti yang kaya dengan campuran buah kering.

Di dalam campuran roti juga ditambahkan kacang almond dan rempah-rempah, bagian luarnya diberi taburan gula bubuk.

5. Panettone (Italia)

Panettone adalah fruit bread versi orang Italia. Hidangan ini juga terbuat dari campuran adonan roti, almond dan buah-buah kering.

Bedanya dengan stolen Jerman ada pada bentuknya. Panettone punya bentuk mirip seperti cup cake yang mengembang ke atas saat. Sementara stolen Jerman bentuknya memanjang seperti balok .

6. Buche de Noel (Perancis)

Ilustrasi kue yule log, bentuknya seperti batang kayu. SHUTTERSTOCK/ALISARUT Ilustrasi kue yule log, bentuknya seperti batang kayu.

Buche de noel adalah sebutan untuk kue natal dalam bahasa Perancis. Kue ini mempunyai bnetuk seperti batang kayu berwarna coklat.

Dasarnya, buche de noel terbuat dari sponge cake gulung yang diberi isian krim lalu dihias dengan cokelat hingga menyerupai bentuk batang kayu. Kue ini mulai dibuat oleh orang Perancis ketika mendekati Natal.

Baca juga: Sejarah Kue Natal di Eropa yang Bentuknya Seperti Batang Kayu, Yule Log

7. Roasted turkey (Amerika)

Roasted turkey atau kalkun panggang menjadi hidangan saat Natal oleh banyak keluarga di negara-negara Amerika Latin. Hidangan ini biasanya disajikan ketika waktu makan malam bersama.

8. Pavlova (Selandia Baru)

Ilustrasi pavlova, dessert khas Natal di Selandia Baru. SHUTTERSTOCK/STOCKCREATIONS Ilustrasi pavlova, dessert khas Natal di Selandia Baru.

Pavlova menjadi dessert khas Natal di Selandia Baru. Dessert ini dasarnya terbuat dari meringue yang bentuknya seperti kue cincin besar.

Hiasannya diberi tambahan krim kocok dan buah segar untuk taburannya. Pavlova hampir selalu ada di menu Natal orang-orang Selandia Baru.

Baca juga: 15 Makanan Natal di Indonesia, dari Klappertaart sampai Ayam Kodok

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X