Tips Membuat Kimchi ala Rumahan, Perhatikan Suhu Tempat Fermentasi

Kompas.com - 02/12/2020, 15:55 WIB
Ilusrtasi kimchi. shutterstock.com/Buppha20Ilusrtasi kimchi.

KOMPAS.com - Cara membuat kimchi sawi putih bukan sekadar mencampur garam, cabai, dan bahan lain melainkan juga memperhatikan faktor lain. Mulai dari pemilihan bahan sampai durasi fermentasi.

Kamu tidak memerlukan peralatan khusus atau mahal untuk membuat kimchi. Cukup sediakan stoples kedap udara.

Food and Wine dan The Daily Meal menjelaskan lebih detail tips membuat kimchi di rumah.

Baca juga: Sejak Kapan Orang Korea Makan Kimchi?

Kimchi, makanan fermentasi khas Korea. Shutterstock Kimchi, makanan fermentasi khas Korea.

Pilih sawi segar

Selanjutnya, pilih sawi putih yang masih segar. Buang daun terluar, biasanya ada satu atau dua lapis yang warnanya kecoklatan artinya sudah tidak segar.

Sawi putih sendiri cukup mudah ditemukan di Indonesia sepanjang tahun.

Namun, apabila tidak dapat menemukan sawi putih yang segar, kamu dapat menggunakan sayuran lain untuk membuat kimchi. Lobak, timun, daun bawang, dan kucai misalnya.

Baca juga: Resep Kimchi Sawi Putih dari Chef Profesional

Gunakan garam kasar

Garam adalah faktor penting dalam membuat kimchi. Sebaiknya gunakan garam kasar yang teksturnya lebih kasar dan tebal daripada garam kosher.

Penggunaan garam kasar membuat sayuran layu lebih cepat. Selain itu, membuat proses fermentasi lebih cepat dan masa simpan kimchi lama.

Ilustrasi gochujang, kondimen dasar untuk kuliner khas Korea Selatan. SHUTTERSTOCK/THANTHIMA LIM Ilustrasi gochujang, kondimen dasar untuk kuliner khas Korea Selatan.

Bikin bumbu kimchi sesuai selera

Kamu dapat membuat bumbu kimchi yang tingkat kepedasannya dapat disesuaikan sendiri. Kalau suka pedas, bisa menggunakan gochugaru dan gochujang yang banyak.

Baca juga: 7 Bumbu Utama Masakan Korea, Doenjang sampai Ganjang

Kecap ikan juga diperlukan untuk menimbulkan rasa kimchi tradisional. Kamu juga dapat mengganti kecap ikan dengan terasi udang.

Namun, bahan kedua bahan tersebut bisa tidak ditambahkan apabila mau kimchi ramah vegetarian.

Selanjutnya, gunakan jahe secukupnya saja. Apabila terlalu banyak akan menutupi rasa khas kimchi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X